Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia di MTs Nurul Falah Pondok Aren Tangerang Selatan

Dela Novianti, Ayuhan Ayuhan, Maulidina Miftahul Alma, Busahdiar Busahdiar, Diah Mutiara, Okta Rosfiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Agama Islam dalam membentuk akhlak mulia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah murid di MTs Nurul Falah Pondok Aren Tangerang Selatan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) siswa kelas 7 MTs Nurul Falah setelah diobservasi menunjukan adanya praktek akhlak mulia yang dapat dibuktikan dengan melaksanakan shalat 5 waktu, sopan, mengucapkan salam ketika bertemu guru, dan sebagainya. (2) tenaga pengajar pada MTs tersebut setelah diobservasi menunjukan kepemilikan peran yang signifikan dalam proses pembentukan akhlak mulia melalui proses-proses seperti menjadi suri tauladan, membimbing dan membina. (3) dari proses penelitian adalah ditemukannya faktor pendukung dan penghambat pembentukan akhlak mulia baik yang bersifat internal maupun eksternal pada lembaga yang diteliti.


Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, Moh. Atiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Agama Islam. Cet. Ke IV. Jakarta: Bulan Bintang. 1984.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. Ihya’Ulum ad-Din. Beirut: Dar al-Fikr. 1989.

Anis, Ibrahim. Al-Mu’jam al-Wasith. Kairo: Dar al-Ma’arif. 1972.

Anisyah, Yuli dan Siswanto. “Revitalisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0”. Dalam Jurnal Studi Islam. 5 (2), 2018.

Ardani, Moh. Nilai-nilai Akhlak/Budi Pekerti dalam Ibadat. Jakarta: CV Karya Mulia. 2001.

Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama: di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Cet. Ke-4. Jakarta: Bulan Bintang. 1978.

Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter diSekolah. Jogjakarta: PT Diva Press. 2011

Bafadhol, Ibrahim. “Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam”, dalam jurnal Pendidikan islam. 06, (12), 2017.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Depok: Penerbit SABIQ. 2009.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008.

DepDikBud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. Ke-1. Jakarta: Balai Pustaka. 1999.

Hardisman. Tuntunan Akhlak dalam Al-Qur’an dan Sunnah: Membentuk Pribadi Muslim Berkarakter dan Penerapannya pada Etika Kedokteran. Padang: Andalas University Press. 2017.

Idi, Abdullah. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. 2014.

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI UMY. 1999.

Indrakusuma, Amier Daien. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. 1973.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Buku Guru Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Kelas X. Cet. Ke-1. Jakarta: Kementerian Agama. 2014.

Kountur, Ronny. Metode Penelitian. Jakarta: Buana Printing. 2009.

M., Ismail S. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. RaSAIL Media Group. 2011.

Mahmud Yunus. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyah. 1972.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. Ke-36. Bandung: Rosda Karya. 2017.

Mulyono. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press. 2012.

Nasution, S. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Pers. 2009.

Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Manajemen PT RajaGrafindo Persada 2000.

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grapindo persada. 2001.

Octavia, Shilpy Afiattresna. Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Sleman: Deepublish. 2019.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2005.

Sa’adubbin, Imam Abdul Mukmin. Meneladani Akhlak Nabi: Membangun Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2006.

Sastrawijaya, A. Tresna. Pengembangan Program Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 1991.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatiif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Sukasni. Al-Kaysa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas 2 MI. Jawa Tengah: Kementerian Agama Republik Indonesia. 2015.

Syabani, Mohammad Ahyan Yusuf. Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Gresik: Caramedia Communication. 2018.

Syafril dan Zelhendri Zen. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Cet. Ke-1. Jakarta: Kencana, 2017.

Tobroni, Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam: dari Idealisme Substansif hingga Konsep Aktual. Jakarta: Prenadamedia Group. 2018. Trim,

Bambang. Menginstal Akhlak Anak. Jakarta: PT Grafindo Media. 2008

Umar. Pengantar Profesi Keguruan. Depok: PT RajaGrafindo Persada. 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia. No.2. tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdikbud. 1989.

Zuhairini, dkk. Maetodik Pendidikan Khusus Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Usaha Nasional. 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ