Dampak Distance Learning Di Tengah Wabah Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMAIT Asy-Syukriyyah Cipondoh

Miftakhul Rohmah, Abdul Basith, Yusup Zulfikar, Ummah Karimah, Busahdiar Busahdiar, Okta Rosfiani

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kemajuan hasil belajar berdasarkan perbandingan nilai raport sebelum pembelajaran jarak jauh dan sesudah pembelajaran jarak jauh sebanyak 4,8% hal ini dibuktikan dengan hasil belajar setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh siswa kelas XII berjumlah 31 siswa Tuntas dengan nilai rata rata 90,67, jika dibandingkan dengan nilai rapor sebelum pembelajaran jarak jauh dengan nilai rata rata 86,45. Namun diakui memang dalam proses pembelajaran terdapat beragam dampak dan kendala seperti kuota dan sinyal, ketidak hadiran siswa dan kurangnya media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl (SISDIKNAS) Pasal 1 ayat (1)

Ir. Amos Nfeolaka dan Grance Amialia A. Neolaka, Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup, (Depok: Kencana, 2017), h. 11

Rofa’ah, Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Persepektif Islam, (Yogyakarta: Deepublish, 2016), h. 6

Undang Undang RI Nomor. 14 Tahun 2005, Bab 1 pasal 1 ayat 10 Tentang Guru dan Dosen

Rofa’ah, op. Cit., h. 8

Siti Sofiah, “Pengaruh Penggunaan Android dan E-learning tterhadap Hasil belajar Mata pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kepajen Malang”, Undergraduate thesis, (malang: fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016) h 1

M. Ishaq Ahmad, “Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam pengembangan Dakwah” jurnalisa, Vol. 03, No. 1, 2017, h. 16

Munir, pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan kominukasi,

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 15 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Reni Wijaya, Mustika Lukman, “Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Pemanfaatan E Learning”, jurnal dimensi, VOL. 9, NO. 2, 2020. h. 319

Herman Rusdiana, Kamin Sumardi, et.al. “Evaluasi hasil belajar Menggunakan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Sistem Befigrasi”. Journal of Mechanical Engineering Education, vol. 1, No. 22, 2014, h. 274.

https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/Protokol%20Percepatan%20Penanganan%20Pandemi%20Corona%20Virus%20Disease%202019.pdf diakses pada 01/11/2020 pukul 15.12 WIB

Ali Sadikin dan Afridal Hamidah “pembelajaran Daring di Tengan Wabah Covid19” jurnal ilmiah pendidikan Biologi, Vol. 06, No. 02, 2020, h. 215

Rais Tsaqif Yahy Al hakim, Pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19, tantangan yang mendewasakan, (UAD Press: Yogyakarta, 2021), h. 25

M. Miftah, “Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa”, Jurnal Kwangsan Vol. 1 No. 2, 2013, h. 95

Husni Mubarak, at. all, “Penerapan Pendidikan Jarak Jauh (Pjj) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Sidh Belanda Dan Sikl Malaysia”. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Volume 3, No. 1, 2021, h. 87

Hasil wawancara dengan kepala sekolah, ibu mariatu sisriyeni, S.Pd pada tanggal 1 maret 2021

Agus Yudiawan, “Analisis Korelasi Tingkat Absensi dengan Hasil Belajar Siswa MTs. Sains al-Gebra Kota Sorong Papua Barat”, Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, Volume 11, No.2, 2019, h.355

Hasil wawancara dengan guru PAI bapak Muhammad Syaiful S.Pd.I pada hari senin 1 maret 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ