Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Alquran Melalui Media Card Sort (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Gandaria Utara 07)

Agus Setiawan, Busahdiar Busahdiar, Fitri Anugrah Suci, Okta Rosfiani

Abstract


Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Gandaria Utara 07 Kebayoran Baru Jakarta Selatan yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan, peneliti menyusun rencana dari setiap siklus meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode, media, dan materi. (2) tahap pelaksanaan, peneliti menerapkan media pembelajaran card sort pada mata pelajaran PAI pada subpokok bahasan menulis Alqur’an (3) tahap observasi, peneliti dibantu oleh teman sejawat melakukan pengamatan terkait kegiatan peneliti dan juga respon keadaan peserta didik sesuai dalam lembar observasi yang telah disediakan sebelumnya dan (4) tahap refleksi, peneliti melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Dalman, Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Guntur Tarigan, Henry. Menulis Sebagai suatu keterampilan berbahasa, Bandung: Angkasa 2008.

Hasim, Achmad dan Fathoni, M.Kholid , Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

Hisyam, Zaini. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguran Tinggi Yogyakarta: PT.CTSD, 2002.

Lutfi, Ahmad, M.Si. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009.

Karim, Abdul Husain. Seni Kaligrafi Khat Naskhi, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2005.

Kusnawan, Aep. Berdakwah Lewat Tulisan, Bandung: Mujahid Press, 2004.

Moenir, A.S, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Mulyati, Yeti. Hakikat Keterampilan Berbahasa, (Modul Pembelajaran Keterampilan Berbahasa), Jakarta: 2012.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Sanjaya,Wina. Strategi Pembelajaran, Bandung: 2006.

Suparlan. Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2006.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Warsono dan Hariyanto, Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen, Bandung: PT Rosda Karya, 2017.

Wassid, Iskandar dan Sunendar, Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2013.

Yasi, A.Fatah Yasin, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam Malang: UIN PRESS, 2008.

Zaif, Metode Card Short, dalam https://zaifbio.wordpress.com/tag/card-sort/ diakses pada 14 Nopember 2019.

Arief, Armai. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Press, 2002 dalam http://musawaf.blogspot.com/2015/02/metode-pembelajaran-cardsort-dan.html, diakses pada Februari 2020

Hartono, “PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif kreatif Efektif dan Menyenangkan”, (Pekanbaru: Zanafa, 2008), dalam http://repository.uin-suska.ac.id/, diakses pada Januari 2020.

Hartono, Strategi Pembelajaran Active Learning (Suatu Strategi Pembelajaran Berbasis Student Centred) dalam www.sanaky.com diakses pada Januari 2020.

http://inda001.blogspot.com/2012_12_01_archive.html di akses pada tanggal 2 November 2018 pukul 15.45

http://inda001.blogspot.com/2012_12_01_archive.html di akses pada tanggal 2 November 2018 pukul 15.48

http://www.pengertianku.net/2014/12/inilah-pengertian-alat-peraga-dan-menurut-para-ahli.html diakses pada tangal 11 Januari 2019 pukul 02.09

http://edriati.blogspot.com/2016/03/model-model-penelitian-tindakan-kelas_23.html diakses pada bulan September 2019 pukul 03.12

http//Strategi belajar aktif tipe card sort, diakses pada 18 Nopember 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ