Peranan Majelis Dzikir dan Shalawat dalam Pendidikan Akhlak Remaja di Majelis Rasulullah Jakarta Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peranan Majelis Dzikir & Shalawat di Majelis Rasulullah Jakarta Selatan, karena untuk mengetahui pembentukan akhlak anak remaja di zaman seperti sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan majelis dzikir dan shalawat di Majelis Rasulullah Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketentuan pengamatan, dan trigulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; (1) Majelis Rasulullah membiasakan remaja memiliki perilaku dan kegiatan yang mencerminkan akhlak yang mulia, (2) Penanamkan sifat-sifat yang terpuji dilakukan melalui kegiatan majelis dzikir dan shalawat serta tausiyah agama yang rutin dilaksanakan setiap minggu, (3) Memanfaatkan teknologi yang ada agar dakwah dari majelis dzikir dan shalawat dapat dinikmati setiap waktu, (4) Membiasakan remaja untuk memperbanyak berdzikir dan shalawat setiap kegiatan apapun yang dilakukan, (5) Membiasakan selalu menghormati para Habaib, Ulama dan Kyai.
Full Text:
PDFReferences
A Mustofa, Akhlak Tasawuf, (Bandung: pustaka setia 2005), cet ke-3.
Abudin Nata, Akhlak Tasawuf, (Jakarta:PT Ramadhani,1993).
Ahmad Warson Munawir, Kamus Al-Munawir, (Surabaya: Pustaka Progressif 1997).
Aminudin, dkk, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002).
Barmawie Umary, Materia Akhlak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka,1999), cet.Ke-10.
Hendrianti Agustiani, Psikologi Perkembangan ( Bandung: PT Refika Aditama 2006).
Imam Abi Al-Fida Ismail Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, (Bairut: Darul Fikr 1986), Juz 3.
J.P.Chaplin, Kamus lengkap Psikologi, (Jakarta:PT Raja Grapindo Persada,2004),cet. Ke-9.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Luwis Ma’luf, Al-Munjid, (Bairut: Dar el-MasSyriq, 1986), Cet.38.
M. Alisuf Sabri, Pengantar Psikologi Umum Anak dan Remaja (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya,1993), Cet. Ke-1.
M. Qurais Shihab, Membumikan Al-Qur’an (Bandung: Mizan,1994), Cet. VI,194.
Majelis Rasulullah SAW Jawa Timur, “Sejarah Berdirinya Majelis Rasulullah SAW”, At Tanwir (1 Januari 2015),4.
Martin Van Bruinessen, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat (Yogyakarta: Gading Publising, 2012).
Mawardi Labay El Sulthani, Dzikir dan Doa Dalam Kesibukan, ( Departemen Penerangan RI 1992).
Mawardi Labay El Sulthani, Zikir dan Doa Dalam Kesibukan,.
Moh Ardani, Nilai-nilai Akhlak /Budi pekerti dalam Ibadat, (Jakarta: CV Karya Mulia, 2001).
Mubin,Ani Cahyadi, Psikologi Perkembangan (Jakarta: PT CIPUTAT PRESS GRUP, 2006).
Muhammad Shodiq. Jamil Al-Athor Sunan At-Turmuzi,(Bairut: Darul Fikr 1994) Juz. 5.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia,1994), Cet,ke-1.
Rudhy Suharto. Renungan Jum’at Meraih Cinta Ilahi,(Jakarta: Al-Huda 2003) cet 2.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kualitatif dan R dan D, (Afababeta: Bandung, 2011).
Syekh Muhammad Hisyam Kabbami, Energy Zikir dan Shalawat, (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta 1998).
Tia Mar’atus Sholiha, Sari Narulita, Izzatul Mardihah, Jurnal Studi Qur’ani; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani “Peranan Majelis Dzikir dalam Pembinaan Akhlak Remaja Putri” (Majelis Dzikir Al-Masruriyyah,Cipinang Besar Selatan,Jakarta Selatan),Vol.10,No.2,Tahun 2014.
www. Alqurandigital.com
www. Rabhitahalawiyah.org
Zakiyah Daradjat, Pendidikan Islam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 1995).
Zakiah Daradjat,dkk, Metodik khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara , 2004) cet.ke-3
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================