Kolerasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Tangerang Selatan

Mutiara Fany, Romlah Romlah, Olivia Damayanti, Busahdiar Busahdiar, Okta Rosfiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kolerasi tingkat Pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa di SMPN 2 Tangerang Selatan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 8 Febuari-11 Febuari 2021 di SMPN 2 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kolerasional dengan metode survei. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Tangerang Selatan berjumlah1.185 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya berjumlah 395 siswa dengan sampel yang berjumlah 186 yang diambil dengan cara Sistematik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi (legger dan biodata siswa) sebagai teknik utama kemudian wawancara dan obsevasi sebagai data pendukung penelitian. Teknik analisis data menggunakan pendekatan statistik kolerasi koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,261 > 0,138 . Namun demikian setelah uji signifikansi, nilai kolerasi yang telah diperoleh juga dibandingkan pada tabel kolerasi sederhana dan berada pada taraf rendah. Hasil koefisien determinasi yang diperoleh hanya sebesar 6,81%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara tingkat Pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa di SMPN 2 Tangerang Selatan diterima, namun tingkat hubungannya berada pada taraf rendah.

Full Text:

PDF

References


Anshori, Pendidikan Islam Transformatif. Jakarta : Anggota Ikapi. 2012.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2016.

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2012.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rinneka Cipta. 2013.

Baqi, Muhammad Fuad Abdul, Al-Lu’lu Wal Marjan. Jakarta : Ummul Qurra. 2019.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: al-Huda.2005

Dewi, Ni Ketut Sri Shanti. Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN Gugus IV Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. (Mataram: PGSD, 2017)

Dimyati dan Mudjiyono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Cet.IV. Surabaya: Usaha Nasional, 2010.

Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini. Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta : Teras, 2012.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. 2011.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2009.

Harahap, Nasrun. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang. 1996.

Haryati, Sri. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia. 2017.

Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam. Medan : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. 2016.

Ihsan, Fuad, Dasar-dasar kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 2011.

Islamuddin, Haryu. Psikologi Pendidikan. Jember : Pustaka Pelajar. 2012.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. 2008.

Munib,Achmad. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UPT MKK UNNES, 2006.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Natawidjaya, Rachman. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. 1998.

Nurhayati dan Syahrizal. “Urgensi dan Peran Ibu Sebagai Madrasah Ula dalam Pendidikan Anak”. Jurnal ilmu-ilmu kependidikan. Vol. VI, No. 2. 2015.

Perundang-undangan tentang kurikulum sistem Pendidikan nasional 2013. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Riduwan, Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta. 2010.

Rohmah, Noer. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Teras. 2012.

Rosyid, Moh. Zaiful. Mustajab, Aminol Rosid Abdullah. Prestasi Belajar. Malang : Literasi Nusantara. 2019.

Setiawan, Arif Yudhi. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Paikem Tahun ajaran 2013/2014. Skripsi UNY, 2015.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka cipta. 2013.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2006.

Sudjiono, Anas. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta. 2005.

Sukmadinata , Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung PT Remaja Rosdakarya. 2007.

Surya, Mohammad,dkk. Landasan Pendidikan. Bandung : Ghalia Indonesia. 2010

Syah. Muhibin Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers. 2008.

Syahrum dan Salim, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Citapustaka Media. 2012.

Tirtonegoro, Sutratinah, Anak Super Normal dan Program Pendidikannya, Jakarta: Bina Aksara, 2001.

Wulandari, Desi, Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 1 Jagoan tahun ajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2015.

Wulandari, Septi. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta Semester 1 Tahun ajaran 2012/2013. Yogyakarta : PGMI. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ