ANALISA BEBAN KERJA MENTAL DI CV SCMG CABANG JAKARTA UTARA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEKERJA

Ariya Purnamasari Dewi, Renty Anugerah Mahaji Puteri, Leola Dewiyani, M. Iftiar Rosada

Abstract


CV. SCMG Cabang Jakarta Utara adalah salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam penyedia tinta printer, service computer dan printer serta penyedia ATK yang berlokasi di Jakarta Utara yang ada di DKI Jakarta. CV. SCMG Cabang Jakarta tersebar diseluruh penjuru DKI Jakarta, dalam penelitian kali ini dikhususkan kepada CV. SCMG Cabang Jakarta Utara yang saat ini mempunyai masalah diantaranya adalah dalam menganalisa beban kerja mental pekerja disana. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah melakukan analisa beban kerja mental pekerja yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pekerja. Adapun tahapan penelitiannya adalah dengan melalui wawancara, observasi dan diskusi lalu melakukan perhitungan analisa beban kerja mental dengan metode Nasa TLX dan mengidentifikasi resiko beban kerja mentalnya. Kemudian dilakukan Analisa penyebab beban mental dan rekomendasi solusi. Hasil yang ingin dicapai penelitian ini adalah mendapatkan hasil perhitungan beban kerja mental pekerja serta mengidentifikasi resikonya, identifikasi penyebab dan memberikan rekomendasi solusi untuk menurukan tingkat beban mental yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pekerja

Full Text:

PDF

References


Fadlilah, Antika Adzary Sekar & Irwan Iftadi. (2017). ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL OPERATOR WEAVING B UNIT INSPECTING PTDELTA MERLIN DUNIA TEXTILE IV DENGAN METODE NASA-TLX. Prosiding SNST 8

Hancock, P. A. & Meshkati, N. (1988). Human Mental Workload. Elsevier Science Publisher B.V: Netherlands.

Hart, S. G., & Staveland, L. E. (1988). Development of NASA-TLX (Task Load Index): Results of empirical and theoretical research. In P. A. Hancock & N. Meshkati (Eds.), Human mental workload (pp. 139–183). North-Holland.

Putri, Ulfa Liani & Naniek Utami Handayani. (2017). ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DENGAN METODE NASA TLX PADA DEPARTEMEN LOGISTIK PT ABC Industrial Engineering Online Journal Vol 6 No 2.

Ramadhany, Shabrina Chairunnisaa Novia & Taufiq Rochman. (2022). Analisis Beban Kerja Mental dengan Metode NASA-TLX pada Karyawan Divisi Production and Maintenance di PT XYZ. Prosiding IDEC UNS 2022.

Widiasih, Wiwin & Hilyatun Nuha. (2018). PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN DENGAN KUISIONER NASA TLX (STUDI KASUS: UNIVERSITAS ABC). Simposium Nasional RAPI XVII – 2018 FT UMS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ