KOMPARASI KARAKTERISTIK LAJU PANAS, DINGIN & MASSA JENIS PADA CRUDE PALM OIL (CPO), MINYAK GORENG SERTA AIR

Istianto Budhi Rahardja, Raden Naufal Rangga Gumilang, Azhar Basyir Rantawi, Hendra Saputra

Abstract


Fluida cair memiliki karakteristik dasar yang dimilikinya, sehingga tidak akan sama antara satu dan yang lain, serta memiliki ciri khusus didalamnya. Crude palm oil (CPO) adalah hasil proses pengolahan dari pabrik minyak kelapa sawit dari tandan buah segar (TBS) dari perkebunan kelapa sawit. Minyak goreng adalah hasil pemurnian dari CPO yang termasuk sebagai minyak nabati. CPO dan minyak goreng bersifat non polar, sedangkan air bersifat polar. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimental, dimana peneliti melakukan pemanasan antara CPO, minyak goreng, dan air dengan temperatur dari suhu ruang sampai 200⁰C dengan peningkatan temperatur 10⁰C. Setiap peningkatannya dicatat waktu pemanasan dan pendinginan yang diperoleh. Proses pemanasan dan pendinginan media CPO serta minyak goreng menghasilkan kondisi tidak terlalu signifikan. Dengan melakukan pemanasan dan pendinginan pada keduanya (CPO & minyak goreng) waktu yang dibutuhkan berdekatan. Sedangkan fluida air pada proses pemanasan tidak melebihi dari 100⁰C. Pada temperatur tersebut, fluida air telah mendidih menjadi uap dan berkurang. Dalam hal massa jenis yang diperoleh akan berbanding terbalik dengan waktu pemanasan dan pendinginan yang dilakukan. Semakin tinggi temperatur yang diberikan, maka akan semakin rendah nilai massa jenis fluida tersebut.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H., Mee, M. T. Y., Noor, A. M., & Yusoff, M. S. A. (2018). Thermal stability evaluation of refined bleached deodorized palm oil (RBDPO) from different refining parameters for standard crude palm oil. Int J Food Eng, 4, 36-39.

Fauzi, Y., Widyastuti, Y. E., Satyawibawa, I., & Paeru, R. H. (2012). Kelapa sawit. Penebar Swadaya Grup.

Gabriel Parlindungan, M. (2021). Pengenalan Alat Dan Proses Pengolahan Kelapa Sawit Di Pt. Ivo Mas Tunggal Pks Unit Sam Sam Mill Desa Bekalar, Kec. Kandis, Kab. Siak, Riau (Doctoral dissertation, Politeknik LPP).

Gideon, S., & Tarigan, E. R. (2020). Penentuan Massa Jenis Oli secara Sederhana dengan Hukum Archimedes. Physics Education Research Journal, 2(1), 43-50.

Hesty, H., & Agung, N. (2017). CCP dan CP pada proses pengolahan CPO dan CPKO.

Kasli, E., & Aminullah, A. (2016). Pengaruh massa jenis benda terhadap tekanan hidrostatis. Jurnal Pendidikan Geosfer, 1(1).

Ketaren, S. (1986). Pengantar Teknologi Minyak Dan Lemak Pangan, Press UI.

Wiratmaja, I. G., Dantes, K. R., & Artha, E. A. J. (2021). Peningkatan Laju Pendinginan Ruangan Dengan Media Pendingin Kombinasi Udara Dan Air Disisi Kondensor Pada Mesin Pendingin Tipe Split Air Conditioning. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(1), 50-58.

Wulandari, N., Muchtadi, T. R., & Budijanto, S. (2011). Sifat Fisik Minyak Sawit Kasar dan Korelasinya dengan Atribut Mutu [Physical Properties of Crude Palm Oil and Their Correlations to the Quality Attributes]. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 22(2), 177-177.

Yusibani E., Nursabila Al Hazmi dan Evi Yufita, (2017). Pengukuran Viskositas Beberapa Produk Minyak Goreng Kelapa Sawit Setelah Pemanasan, Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, P.28-32.

Supu, I., Usman, B., Basri, S., & Sunarmi, S. (2017). Pengaruh suhu terhadap perpindahan panas pada material yang berbeda. Dinamika, 7(1), 62-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ