MARKET SHARE BANK SYARIAH DI INDONESIA DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Zulfikar Ramadhan, Sutanti Sutanti, Azizatul Munawaroh

Abstract


Bank syariah merupakan bank yang kegiatannya mengacu pada hukum Islam, dan dalam kegiatannya tidak membebankan bunga maupun tidak membayar bunga kepada nasabah. Undang-Undang Perbankan Syariah No.21 Tahun 2008 menyatakan bahwa perbankan syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank syariah dan unit syariah, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Dalam lima tahun terakhir, lembaga keuangan syariah secara umum tumbuh pesat. Terdapat perbedaan dari hasil temuan peneliti sebelumnya mendorong penelitian ini untuk melakukan pengujian kembali tentang faktor-faktor yang mempengaruhi market share bank syariah di Indonesia. Penelitian ini bersifat asosiatif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan bank syariah. Populasi penelitian adalah seluruh bank syariah di Indonesia yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam periode tahun 2016-2020. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan data panel. Uji parsial menunjukan nilai probabilitas return on asset terhadap market berpengaruh tidak signifikan terhadap market share. Sedangkan nilai probabilitas capital adequacy ratio terhadap market share berpengaruh signifikan terhadap market share. Selain itu, nilai probabilitas financing to deposit ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap market share. Uji simultan yang diketahui lebih kecil dari Alpha, dapat dikatakan berarti model layak pada penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Aminah, S. E. (2019). Financial Performance and Market Share In Indonesia Islamic Banking: Stakeholder Theory Perspective. . International Journal of Scientific and Technology Research, 14-18.

Anggriana, R. Q. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online "OM-JEK" Jember. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 7(2), 110.

Bahrami, H. R. (2014). Investigated the effective factors in the process of market share increase among the branches of Bank Saderat. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 3(1), 51-70.

Brigham, E. F. (2013). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (kesebelas ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Dendawijaya, L. (2012). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fahmi, I. (2015). Manajemen Perbankan Konvensional dan Syariah. (pertama ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fata, Z. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Batik (Studi Kasus di Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah). . Surakarta: Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Sebelas Maret .

Fatihin, M. K. (2020). Dampak Makro Ekonomi dan Financial Performance dan Market Share Perbankan Syari'ah di Indonesia. Jurnal ekonomi, 25(1), 51-65.

Fuadiah, N. &. (2020). Financial Performance Dan Market Share Pada Bank Umum Syariah Devisa Indonesia: Perspektif Teori Stakeholder. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 180-186.

Ghozali, I. &. (2018). Analisis Multivariat dan Ekonometrika : teori, konsep, dan aplikasi dengan Eviews 10. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Hanafi, M. M. (2013). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Harahap, S. S. (2010). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ikhwal, N. (2016). Analisis ROA dan ROE Terhadap Profitabilitas Bank Di Bursa Efek Indonesia. Al-Masraf : Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 1(2), 211-227.

Indonesia, I. b. (2014). Memahami Bisnis Bank Syariah. . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ismail, P. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kasmir. (2014). Bank, and Lembaga Keuangan Lainnya Edisi Revisi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, M., & Suhardjono. (2012). Manajemen Perbankan. Yogyakarta: BPFE.

Lestiyaningsih, N. (2012). Pengaruh DPK dan Kinerja Keuangan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia. Studi kasus pada bank umum Syariah Periode 2016. Salatiga: IAIN Salatiga.

Parenrengi, S., & Hendratni, T. W. (2018). Pengaruh dana pihak ketiga, kecukupan modal dan penyaluran kredit terhadap profitabilitas bank. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 9-18.

Purboastuti, N., & Suryahani, I. (2015). Pengaruh indikator utama perbankan terhadap pangsa pasar perbankan syariah. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 8(1), 110-121.

Rahman , A. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi market share bank syariah. Journal Analitica Islamica, 291-314.

Riyadi , S. (2015). Banking Assets and Liability Management. Edisi Keempat. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Saputra, B. (2014). Faktor-faktor keuangan yang mempengaruhi market share perbankan syariah di Indonesia. Akuntabilitas, 7(2), 123-131.

Siburian, F. S. (2017). Analisis kinerja keuangan berbasis market share pada industri telekomunikasi di indonesia (studi kasus pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di bei 2011-2015). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi , 208-221.

Siregar, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan spss. Jakarta: Kencana.

Suciati. (2014). Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Likuiditas, Rentabilitas, Dan Solvabilitas Perbankan Syariah Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Periode 2011-2013. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 78-90.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pusaka Baru Press.

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Winarno, W. W. (2011). Analisis Ekonometrika dan Statistika Dengan Eviews. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Winarto, Y. (2020, Februari 1). https://www.kontan.co.id. Retrieved from https://www.kontan.co.id:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ