Pengembangan Media Monopoli Pembelajaran IPA Materi “Sumber Energi” Pada Siswa Kelas IV SDN Margahayu VI

Laily Nurmalia, Iswan Iswan, Anisa Ihza Emorad, Citra Ayu Lestari, Dzakiyah Nabilla Qonita

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses pembelajaran yang masih menggunakan buku tema saja yang bersifat informatif, sehingga siswa belum mampu mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Pembelajaran yang dilaksanakan di kelas IV SDN Margahayu VI juga masih didominasi dengan kegiatan berceramah dan tentunya pembelajaran ini masih bersifat teaching centered learning, untuk itu perlu adanya alternatif lain untuk terlaksananya pembelajaran yang efektif, salah satu contohnya yaitu membuat media pembelajaran dari permainan yang sebelumnya mereka ketahui dan pastinya mereka sudah pernah memainkannya karena media tersebut ada di kehidupan kesehariannya. Maka dari itu peneliti tergerak untuk melakukan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan media pembelajaran, yaitu permainan monopoli. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) mengarah model penelitian yang dikembangkan oleh Borg and Gall . Penelitian ini hanya menggunakan 6 tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, uji coba produk, dan uji pelaksanaan lapangan. Hasil riview dari ahli materi sangat baik (87,5%), dan hasil riview dari ahli media sangat baik (93,75%). Dengan demikian media pembelajaran monopoli sumber energi ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada materi sumber energi.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. hal. 2

Harlin. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif.

Hartika, N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 43.

Kasumawati, K. (2021). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SIFAT-SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 16 BUNTOK KECAMATAN DUSUN SELATAN KABUPATEN BARITO SELATAN. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 5(7), 507-516.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 32.

Putri, Z. F., Wahyudi, A., Muyana, S., Prasetiawan, H., & Amirudin, M. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Topeng Cirebon Dalam Bimbingan Kelompok Tentang Kontrol Diri. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 35-46.

Rahayu, Sri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Kelas XI Pemasaran SMK Negri 1 Jombang. Pendidikan Tata Niaga, 6 (4), 200.

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Ulfaeni, S. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136-144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ