HUBUNGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII DI MTS AL-BASRIYYAH DESA RENGASJAJAR CIGUDEG BOGOR

Suci Fadilah, Okta Rosfiani, Nuraini Nuraini, Busahdiar Busahdiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan mata pelajaran aqidah akhlak dengan karakter religus siswa kelas VIII di Mts Al-Basriyyah Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan metode survey. Peserta yang terlibat adalah 38 siswa dari sekolah Mts Al-Basriyyah Cigudeg Bogor. Pengumpulan data terdiri dari kuesioner skala efektif dan rubik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara mata pelajaran aqidah akhlak terdapat karakter religious siswa. Dimana mata pelajaran aqidah akhlak dan karakter religius siswa memiliki hubungan yang signifikan terhadap karakter religus siswa.


Full Text:

PDF

References


Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Persektif Islam. Jurnal edukasi islam jurnal pendidikan islam, 6 (12), 7.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Jannah, M. (2020). Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siawa. jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2), 242.

Mahmudiyah, A. & Mulyadi, (2021). pembentukan karakter religious di MI berbasis pesantren. Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 2 (1), 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ