UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMPN 85 JAKARTA

Nurazizah Salamah, Rusydy Sjakyakirta Arifin, Winda Nurhabibah, Busahdiar Busahdiar, Okta Rosfiani

Abstract


Guru Pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting dalam membentuk karakter siswa disekolah. Karena Guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang dapat membentuk karakter siswa sesuai dengan syariat agama Islam. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam tersebut membentuk karakter siswa yang tadinya kurang baik menjadi lebih baik, dan sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 85 Jakarta, Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMPN 85 Jakarta dan hasil yang diharapkan dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 85 Jakarta. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kehadiran peneliti bertindak langsung sebagai instrumen lapangan dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata yang diambil dari para informan atau responden pada waktu mereka diwawancai. Dengan kata lain data-data tersebut berupa keterangan dari para informan, sedang data tambahan berupa dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru pendidikan gama Islam dalam pembentukan karakter siswa adalah : Kerja sama dengan orang tua itu penting jadi bagaimana anak bisa menjadi atau mempunyai karakter yang bagus harus ada kerjasama nya dengan orangtua dan lingkungan sekitar, dan tujuan kegiatan eskul memberikan gambaran bagaimana karakter siswa dibangun secara baik, dan yang diharapkan oleh guru agama itu siswa bisa mempunyai karakter yang baik dan pembiasaan untuk dirinya sehingga menjadi manusia yang lebih baik lagi. Kemudian faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter, adanya fasilitas yang memadai dalam membentuk karakter siswa yaitu fasilitas masjid yang memadai, berbagai ekstrakulikuler, dan adanya kekompakan guru dalam mengawasi dan mengontrol siswa, Adapun penghambat nya yaitu dari siswa itu sendiri, dimana kelihatannya siswa itu karakter nya baik disekolah tetapi ketika dirumah lingkungan nya tidak mendukung ataupun kurangnya pengawasan orangtua.

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata. Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Akhmad Muhaimin Azzet. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Ali Ashraf, Menyongsong keruntuhan Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Firdaus, 1996.

Buddin Nata. dkk. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2005.

Dharma Kesuma. dkk. Pendidikan Karakter kajian teori dan praktik disekolah, Bandung : Remaja Rosdakarya. 2011.

Daryanto. Suryatri dan Darmiatun.

Implementasi Penididikan Karakter diS ekolah. Yogyakarta:Penerbit Gava Media. 2013.

D. Marimba Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. t.t. Djamika Rahmat. Sistem Etika Islam. Surabaya: Pustaka Islami. 1987.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan Jakarta: Depdiknas. 2006.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya Semarang: Toha Putra. 1996

Felek Wahyu Jadi Tersangka. 3 Siswa SMP Pelaku Perundungan di Purworejo Tidak Ditahan 13 February 2020 di akses dari Gunawan Heri. Pendidikan Karakter “konsep dan implementasi” Bandung : ALFABETA. 2012.

Gunawan Ari. Sosiologi Pendidikan “suatu analisis sosiologi tentang berbagai problem pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Jasa Muliawan Ungguh. Pendidikan Islam Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2005.

Kasiram. Kapita Selekta Pendidikan IAIN Malang: Biro Ilmiyah. 1999.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.

Kusuma Doni.”Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global” Jakarta: Grasindo 2011.

Kementerian agama RI. 2007 Syaamil Al- Quran Tajwid Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

Mudiyaharjo Redja. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan diIndonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2002.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.2014.

Munir Abdullah. Pendidikan Karakter membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia. 2010.

Alauddin Muslich Mansur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

Muhammad Ilyas Ismail. Pendidikan Karakter Suatu Pendekatan Nilai Makassar: Alauddin University Press. 2012.

Ms Burhani dan Lawrens Lasbi. Kamus Ilmiah Populer.Jombang: Lintas Media.t.t.

M. Purwanto Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006. Cet. XVII.

Majid Abdul dan Andayani Dian. Pendidikan Agama Islam Bebasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2006 Cet. III.

M.quraish shihab. Tafsir Al-Misbah. Vol.2. Jakarta: Lentera Hati. 2000.

M. Matta Anis. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat. 2006.

Rohmalina. Psikologi Belajar. Edisi Ke-1. Cet. Ke-1 Jakarta: Raja Wali Pers. 2015

Salim dan Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif ; konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial. Keagamaan dan Pendidikan. 2012.

Sujanto Agus. Psikologi Kepribadian Jakarta: Bumi Aksara. 1997.

Sukardi. Metodelogi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung : Alfabeta. 2009.

Supriadi. et. al. Buku Ajar Pendidikan

Agama Islam.t.t.

Sardiman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Raja Grafindo. 1990.

Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan anak didik “dalam interaksi edukatif (suatu pendekatan teoritis psikologis”. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2005.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agam Islam Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2005.

Supriadi. et. al. Buku Ajar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: CV. Grafika Karya Utama. 2001.

Tim Penyusun Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia.t.t.

Tafsir Ahmad. Metodologi pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdarika. 2003.

-----------------. Ilmu Pendidikan dalam

Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2005.

UU RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 1.t.t.

-----------------. Nomor 20 Tahun 2003.

Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 3.t.t. UU No. 20 Tahun 2003 Tantang Sistem Pendidikan Nasional.t.t.

Wahab dkk. Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: Robar Bersama. 2011.

Yunus Mahmud. Kamus Arab-Indonesia.t.t

Zainal Bagir Abidin. Itegrasi Ilmu dan Agama:Interpretasi dan Aksi. Yogyakarta: PT Mizan Pustaka. 2005.

Zakiyah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: PT. Bumi Aksara), 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ