KONSEP PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT K.H. HASAN ABDULLAH SAHAL

Nenita Asti Bianca, Mukti Ali, Muhammad Rizky Ramadhan, Busahdiar Busahdiar, Adlan Fauzi Lubis, Okta Rosfiani

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk menciptakan kepribadian muslim yaitu kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan,berakhlak mulia bermanfaat bagi masyarakat atau berkhidmat kepada masyarakat dengan jalan menjadi abdi masyarakat mampu berdiri sendiri, bebas dan teguh dalam kepribadian, menyebarkan agama atau menegakkan Islam dan kejayaan Islam di tengah-tengah masyarakat dan mencintai Ilmu. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskritif dengan jenis (library research) penelitian perpustakaan yang dimaksud ini adalah menelaah, mengkaji dan mempelajari berbagai literature berupa buku-buku pondok pesantren dan pemikiran tokoh pendidikan Islam beserta buku-buku lainnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa K.H. Hasan Abdullah mengembangkan konsep pendidikan pesantren pada masa kini adalah sebagai lembaga perjuangan yang melahirkan manusia bermental pejuang yang berdiri didepan melawan segala bentuk penjajah dan penjajahan. Selain itu pesantren tidak boleh terlepas dari unsur-unsur dan nilai-nilai yang mana menjadi ciri khas pesantren.


Full Text:

PDF

References


Dhofier. Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Sadikin & Hamidah, “Pembelajaran

Daring di Tengah Wabah Covid-19”,

Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,

Vol. 6 No. 2, 2020, h. 214-224.

E-issn, V. N. P., & Mukri, R. (2021). Jurnal Dirosah Islamiyah Prototipe Kepemimpinan Kiai di Pesantren Modern Jurnal Dirosah Islamiyah. 4, 27–48. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.457

Fahham, A. M. (2013). Character Education in Islamic Boarding School. Aspirasi. 3, 29–45.

Sulaiman, H. A. (2022). Peran Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid Sabilil Jannah di Kampung Doy , Banda Aceh. 2(1), 46–56. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i1.1005

Pembelajaran, S., Belajar, H., & Agama, P. (2017). Strategi Pembelajaran, PQ4R, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 4(1), 85–96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ