KONSEP PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT K.H. HASAN ABDULLAH SAHAL

Authors

  • Nenita Asti Bianca Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mukti Ali Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Rizky Ramadhan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Busahdiar Busahdiar Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Adlan Fauzi Lubis Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Okta Rosfiani Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk menciptakan kepribadian muslim yaitu kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan,berakhlak mulia bermanfaat bagi masyarakat atau berkhidmat kepada masyarakat dengan jalan menjadi abdi masyarakat mampu berdiri sendiri, bebas dan teguh dalam kepribadian, menyebarkan agama atau menegakkan Islam dan kejayaan Islam di tengah-tengah masyarakat dan mencintai Ilmu. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskritif dengan jenis (library research) penelitian perpustakaan yang dimaksud ini adalah menelaah, mengkaji dan mempelajari berbagai literature berupa buku-buku pondok pesantren dan pemikiran tokoh pendidikan Islam beserta buku-buku lainnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa K.H. Hasan Abdullah mengembangkan konsep pendidikan pesantren pada masa kini adalah sebagai lembaga perjuangan yang melahirkan manusia bermental pejuang yang berdiri didepan melawan segala bentuk penjajah dan penjajahan. Selain itu pesantren tidak boleh terlepas dari unsur-unsur dan nilai-nilai yang mana menjadi ciri khas pesantren.

Author Biographies

Nenita Asti Bianca, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mukti Ali, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Rizky Ramadhan, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Busahdiar Busahdiar, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Adlan Fauzi Lubis, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Okta Rosfiani, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Dhofier. Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Sadikin & Hamidah, “Pembelajaran

Daring di Tengah Wabah Covid-19”,

Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,

Vol. 6 No. 2, 2020, h. 214-224.

E-issn, V. N. P., & Mukri, R. (2021). Jurnal Dirosah Islamiyah Prototipe Kepemimpinan Kiai di Pesantren Modern Jurnal Dirosah Islamiyah. 4, 27–48. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.457

Fahham, A. M. (2013). Character Education in Islamic Boarding School. Aspirasi. 3, 29–45.

Sulaiman, H. A. (2022). Peran Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid Sabilil Jannah di Kampung Doy , Banda Aceh. 2(1), 46–56. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i1.1005

Pembelajaran, S., Belajar, H., & Agama, P. (2017). Strategi Pembelajaran, PQ4R, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 4(1), 85–96.

Downloads

Published

2022-10-26