DESAIN LAYOUT DALAM MENGOPTIMALISASI PROSES KERJA DENGAN INTERVENSI ERGONOMI (STUDI KASUS PADA FADHEL FURNITURE)

Renty Anugerah Mahaji Puteri, N. Nelfiyanti, Wiwik Sudarwati, Andry Setiawan, D. Daruki

Abstract


Fadhel Furniture merupakan salah satu UMKM yang memproduksi mabel rumah tangga. Setiap tahun jumlah pemesanan produk mabel ini terus meningkat, akan tetapi proses produksi yang dilakukan membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan material handling yang cukup jauh. Jarak tempuh material handling yang jauh menyebabkan aktivitas produksi menurun, meningkatkan waktu pengerjaan menjadi 35% serta mengakibatkan keluhan kesehatan dikarenakan material handling yang digunakan adalah manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses kerja dengan intervensi ergonomi. Penelitian ini diawali menggunakan metode jam henti, metode From To Chart, Activity Relationship Chart untuk perancangan tata letak dan prinsip ergonomi untuk meminimalisir keluhan kesehatan pekerja serta mengidentifikasi pemborosan gerakan yang terjadi. Hasil yang didapatkan dari metode tersebut adalah suatu desain rancangan layout yang dapat mengurangi jarak perpindahan material sebesar 8,1 meter dibandingkan dengan layout awal. Pengurangan jarak perpindahan material ini akan berdampak kepada keluhan MSDs pekerja dikarenakan pekerja tidak terlalu jauh untuk memindahkan material sehingg lebih ergonomi.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, G. R., & Susantiaji, A. (2020). Analisa sebaran klasifikasi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Tegal. Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 18(1).

Casban, C., & Nelfiyanti, N. (2019). Analisis Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Metode FTC dan ARC untuk Mengurangi Biaya Material Handling. Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 13(3), 262-274.

Choir, M., Arief, D. S., & Siska, M. (2017). Desain Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Menggunakan Metode Systematic Layout Planning Pada Pabrik Kelapa Sawit Sungai Pagar (Doctoral dissertation, Riau University).

Dharmayanti, I., Hardjomidjojo, H., Fauzi, A. M., & Mulyadi, D. (2016). Aplikasi Metode Systematic Layout Planning (SLP) Dalam Penataan Klaster Industri Kelapa Sawit (Studi Kasus Kawasan Industri Sei Mangkei). Journal of Industrial Research (Jurnal Riset Industri), 10(1), 41-49.

Idris, I., Delvika, Y., Sari, R. A., & Uthumporn, U. (2018). Penentuan Waktu Standar Proses Pemotongan dan Penghalusan Kayu pada Pembuatan Furniture Kayu Jati. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik dan Inovasi, 3(2), 58-66.

Kastoro, K., & Nelfiyanti, N. (2014). Usulan Penempatan Barang Jadi di Area Warehouse Produk Jadi dengan Konsep 5s di PT. Nobi Putra Angkasa. Prosiding Semnastek, 1(1).

Nelfiyanti, N., Rani, A. M., & Ramadhan, A. I. (2016). Perancangan Sistem Informasi Dan Tata Letak Fasilitas Produksi Tas Cv. banua Dengan Menggunakan Alqoritma Corelap. Prosiding Semnastek.

Pangestika, J. W., Handayani, N., & Kholil, M. (2017). Usulan Re-Layout Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Menggunakan Metode Slp Di Departemen Produksi Bagian Ot Cair Pada Pt Ikp. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 3(1), 29-38.

Pattiapon, M. L., Maitimu, N. E., & Magdalena, I. (2020). Penerapan Lean Manufacturing Guna Meminimasi Waste pada Lantai Produksi (Studi Kasus: Ud. Filkin). Arika, 14(1), 23-36.

Puteri, R. A. M., Dewiyani, L., Muliarani, A., & Mutmainah, M. (2021). Penyuluhan Tentang Perbaikan Proses Kerja Di UKM Fadhel Furniture Cakung Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 3(1), 37-42.

Puteri, R. A. M., Mutmainah, M., Slametiningsih, S., & Fadhel, M. (2021). Penyuluhan Bahaya Repetitive Strain Injury dan Simulasi pada Pekerja di UKM Fadhel Furniture Ujung Krawang Cakung Jakarta Timur. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Puteri, R. A. M., & Nuryanto, N. Perbaikan Sistem Kerja di Bagian Packing Freso Cup PT. Sinar Sosro KPB Cibitung dalam Upaya Peningkatan Produktivitas dan Minimasi Pemborosan (Waste). (2016).Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 10(1), 182898.

Widagdo, G. U. (2018). Analisis Perhitungan Waktu Baku Dengan Menggunakan Metode Jam Henti Pada Produk Pulley Di CV. Putra Mandiri Jakarta. Jurnal PASTI Volume XII No, 1, 119-136.

Wignjosoebroto. S. (2018). Tata letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Penerbit : Guna Widya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ