PERANCANGAN BRAND UMKM PADA PRODUK BALIMO'S SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PADA SEKTOR INDUSTRI KREATIF

Lyscha Novitasari, Muhamad Istijar

Abstract


Ekonomi Kreatif pada saat ini merupakan gelombang ekonomi baru yang lahir pada awal abad ke-21. Gelombang   ekonomi   baru   ini   mengutamakan   intelektual   sebagai   peningkatan   pendapatan   dan kesejahteraan.  Ekonomi  kreatif  masuk  ke  dalam  industri  kreatif,  yaitu  adalah  sebuah  industri  yang digerakan  oleh  para  kreator  dan  innovator.  Dalam  hal  ini,  usaha  mikro  kecil  dan  menengah  adalah bentuk  kegiatan  ekonomi  rakyat  yang  berskala  kecil  dan  memenuhi  kriteria  kekayaan  bersih  atau penjualan   tahunan   serta   kepemilikan   sebagaimana   diatur   dalam   undang-undang.   Di   tengah pergejolakan persaingan indsutri kreatif di kalangan para pelaku UMKM diperlukan nilai lebih untuk pembanding antara produk satu dengan produk lainnya, terutama pada produk yang memiliki bentuk yang sama. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat dengan membuat desain brand pada Produk UMKM Balimo’s, yang merupakan salah satu produk penunjang industri  kreatif  di  Indonesia  milik  ibu  Annisa  di  daerah  Pamulang,  Tangerang  Selatan.  Produk Balimo’s  saat  ini  memerlukan  brand  sebagai  identitas  produknya.  Tujuannya  adalah  agar  tercipta pembeda  antara  produk  Balimo’s  dengan  produk  sejenisnya.  Selain  itu  dapat  meningkatkan  citra produk  sehingga  mudah  dikenal  dan  diingat  oleh  konsumen  dan  dapat  meningkatkan  pendapatan pada  UMKM  Balimo’s.  Metodologi  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  kualitatif,  yakni melakukan  survey  dan  observasi,  mengevaluasi  permasalahan,  dan  perancangan  brand.  Hasil  dari kegiatan  pengabdian  ini  adalah  terciptanya  desain  brand  pada  produk  UMKM  Balimo’s  beserta turunan  desain  promosinya  seperti  kemasan  dan  e-flyer.  Kegiatan  ini  dapat  disimpulkan  berhasil karena dengan penggunaan Brand dapat meningkatkan jumlah pesanan pada produk Balimo’s.


Full Text:

PDF

References


Clementia Beatrice Halim, dkk. 2014. “Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya Brand Preference Dan Repurchase Iintention Pada Merek Toyota”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2 (No 1) Retrieved from https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/

Dwiyanti Eris dkk. 2018. “PengaruhPersepsi Kualitas, Nama Merek dan Brand Awarness Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol 8 (No 2), Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id

Gitiyarko, Vincentius. 2020. “Kebijakan Perlindungan dan Pemulihan UMKM di Tengah Pandemi Covid- 19” Kompaspedia. kompas.id website: https://kompaspedia.kompas.id/

Hamdani. 2020. Mengenal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Uwais Inspirasi Indonesia. Jawa Timur → Buku

Hasanah Nurmalia dkk. 2020. Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Uwais Inspirasi Indonesia: Jawa Timur

Prasetyo, Bambang D & Febriani, Bufian S. 2020. Strategi branding. UB Press. Malang Setiawan, Heri BC. 2020. Manajemen Industri Kreatif. PT. Berkat Mukmin Mandiri. Graha Tirta. Sidoarjo → Buku

Hasanah Nurmalia dkk. 2020. Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Uwais Inspirasi Indonesia. Jawa Timur

Lestari Ellys Pambayun dan Dewi Tanty Permassanty. 2021. An Integrated Marketing Communication Circle In 4.0 Era. Adanu Abimata. Jawa Barat

Satria Dias, Prameswari Ayu. 2011. “Strategi Pengembangan Induustri Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal”. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 9 (No 1), Retrieved from https://jurnaljam.ub.ac.id

Zulkarnae, Imam & Setyawan Cally. 2016. “Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar” 123.dok website: https://text- id.123dok.com/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ