PERANCANGAN BRAND UMKM PADA PRODUK BALIMO'S SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PADA SEKTOR INDUSTRI KREATIF
Abstract
Ekonomi Kreatif pada saat ini merupakan gelombang ekonomi baru yang lahir pada awal abad ke-21. Gelombang ekonomi baru ini mengutamakan intelektual sebagai peningkatan pendapatan dan kesejahteraan. Ekonomi kreatif masuk ke dalam industri kreatif, yaitu adalah sebuah industri yang digerakan oleh para kreator dan innovator. Dalam hal ini, usaha mikro kecil dan menengah adalah bentuk kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kriteria kekayaan bersih atau penjualan tahunan serta kepemilikan sebagaimana diatur dalam undang-undang. Di tengah pergejolakan persaingan indsutri kreatif di kalangan para pelaku UMKM diperlukan nilai lebih untuk pembanding antara produk satu dengan produk lainnya, terutama pada produk yang memiliki bentuk yang sama. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat dengan membuat desain brand pada Produk UMKM Balimo’s, yang merupakan salah satu produk penunjang industri kreatif di Indonesia milik ibu Annisa di daerah Pamulang, Tangerang Selatan. Produk Balimo’s saat ini memerlukan brand sebagai identitas produknya. Tujuannya adalah agar tercipta pembeda antara produk Balimo’s dengan produk sejenisnya. Selain itu dapat meningkatkan citra produk sehingga mudah dikenal dan diingat oleh konsumen dan dapat meningkatkan pendapatan pada UMKM Balimo’s. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yakni melakukan survey dan observasi, mengevaluasi permasalahan, dan perancangan brand. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terciptanya desain brand pada produk UMKM Balimo’s beserta turunan desain promosinya seperti kemasan dan e-flyer. Kegiatan ini dapat disimpulkan berhasil karena dengan penggunaan Brand dapat meningkatkan jumlah pesanan pada produk Balimo’s.
Full Text:
PDFReferences
Clementia Beatrice Halim, dkk. 2014. “Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya Brand Preference Dan Repurchase Iintention Pada Merek Toyota”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2 (No 1) Retrieved from https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/
Dwiyanti Eris dkk. 2018. “PengaruhPersepsi Kualitas, Nama Merek dan Brand Awarness Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol 8 (No 2), Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id
Gitiyarko, Vincentius. 2020. “Kebijakan Perlindungan dan Pemulihan UMKM di Tengah Pandemi Covid- 19” Kompaspedia. kompas.id website: https://kompaspedia.kompas.id/
Hamdani. 2020. Mengenal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Uwais Inspirasi Indonesia. Jawa Timur → Buku
Hasanah Nurmalia dkk. 2020. Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Uwais Inspirasi Indonesia: Jawa Timur
Prasetyo, Bambang D & Febriani, Bufian S. 2020. Strategi branding. UB Press. Malang Setiawan, Heri BC. 2020. Manajemen Industri Kreatif. PT. Berkat Mukmin Mandiri. Graha Tirta. Sidoarjo → Buku
Hasanah Nurmalia dkk. 2020. Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Uwais Inspirasi Indonesia. Jawa Timur
Lestari Ellys Pambayun dan Dewi Tanty Permassanty. 2021. An Integrated Marketing Communication Circle In 4.0 Era. Adanu Abimata. Jawa Barat
Satria Dias, Prameswari Ayu. 2011. “Strategi Pengembangan Induustri Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal”. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 9 (No 1), Retrieved from https://jurnaljam.ub.ac.id
Zulkarnae, Imam & Setyawan Cally. 2016. “Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar” 123.dok website: https://text- id.123dok.com/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================