UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI INKUIRI

Emi Yusmiati, Jusuf Mudzakkir, Diah Mutiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara jelas tentang pengaruh strategi pembelajaran inkuiri learning terhadap peningkatan minat belajar  Peserta Didik kelas II di SDN Cempaka Baru 01 Kemayoran Jakarta Pusat pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang pelaksanaannya langsung di lapangan berupa pembelajaran online melalui aplikasi zoom meeting, google meet, voice not, video call, atau video conference, google form, dan tanyangan berupa video-video pembelajaran melalui whatsapp group.Obyek penelitian ini adalah Peserta Didik kelas IIA SDN Cempaka Baru 01 Kemayoran Jakarta Pusat. Yang dilaksanakan pada bulan Juli 2021 sampai denga Agustus 2021, yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan secara online melalui virtual google meet. Hasil dari penelitian tindakan kelas dapat digambarkan sebagai berikut bahwa diawali dengan  melakukan observasi pengumpulan data dan dokumentasi dengan hasil pengujian pra siklus dengan rata-rata minat belajarnya hanya 41%, data yang diperoleh menunjukan prosentasi minat belajar  anak masih rendah oleh karena itu perlu dilakukan tindakan kelas. Setelah menemukan masalah kesulitan yang dialami anak dalam meningkatkan minat belajarnya, kemudian dilakukan tindakan yang direncanakan, melakukan pengamatan, stimulasi dan refleksi.Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan intervensi stratwegi pembelajaran inkuiri learning terjadi peningkatan minat belajar rata-rata 78% pada siklus 1 dan selanjutnya dilakukan siklus 2 yang menghasikan rata-rata 91% dari seluruh aspek yang diamatinya, ternyata melebihi  dari sasaran yang diharapka yaitu 90%. Dengan demikian penelitian ini berhasil, terlihat dengan adanya peningkatan prosentasi dari setiap aspek minat belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah diadakan tindakan kelas melalui pembelajar strategi inkuiri learning sangat membantu kesulitan-kesulitan dalam peningkatan minat belajarl Peserta Didik kelas II dengan maksimal.


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI Al-Hikmah (2020), Al-Qur`an dan terjemahnya (CV Penerbit di Ponegoro, 2020)

Imam Tholkhah (2009), Mereka Bicara Pendidikan Islam (Sebuah Bunga Rampai) (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2009)

Sinta Kartika, dkk (2019), Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 7, No. 1, 2019)

Tabani–Al (2016), Inovasi Model Pembelajaran (Sidowarjo: Nizamia Learning Center, 2016)

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2019), Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2019)

Zakiyah Darajat dkk (2009), Ilmu Pendidikan Islam (Cet. VIII; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ