PENGARUH SUPERVISI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

Fatkhurohman Fatkhurohman, Jusuf Mudzakkir, Diah Mutiara

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kepemimpinan kepala sekolahTerhadap Motivasi Kerja Guru SD Daarul Qur’an Ketapang. Tesis Magister Studi Islam, Konsentrasi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2022. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 guru, diambil secara acak dari seluruh populasi guru kelas SD Daarul Qur’an Ketapang yang digunakan untuk mengumpulkan data variabel X1, X2 dan Y dengan menggunakan kuesioner/angket dalam bentuk skala prilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan desktiptif kuantitatif dengan analisis model regresi linear berganda yang menganalisa data hasil penelitian dengan membandingkan nilai signifikansi (Sig.), nilai t hitung dan nilai F hitung. Menghasilkan nilai Sig untuk X1 sebesar 0,000 < 0,05, maka dari itu hipotesis diterima, dan nilai t hitung untuk X1 sebesar 4,272 > t tabel 2,021. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh variabel Supervisi kepala sekolah terhadap variabel Motivasi Kerja Guru SD Daarul Qur’an Ketapang. Sedangkan nilai Sig untuk X2 sebesar 0,943 > 0,05, hipotesis ditolak, dan nilai t hitung untuk X2 sebesar 0,072 < 2,021. Dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh variabel kepemimpinan kepala sekolahterhadap variabel Motivasi Kerja Guru SD Daarul Qur’an Ketapang. Secara simultan hasil analisis Supervisi kepala sekolah dan kepemimpinan kepala sekolahterhadap Motivasi Kerja Guru SD Daarul Qur’an Ketapang, mengasilkan nilai Sig F sebesar 0,001 < 0,05, dan nilai F hitung 9,134 > F tabel 3, 25, yang menunjukan hipotesis diterima. Artinya Supervisi Kepala Sekolah (X1) dan Kepemimpinan kepala sekolah(X2) secara simultan berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru (Y)

Full Text:

PDF

References


Dja‘far Siddik, 2006 Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Citapustaka Media, 2006)

Hhtp://sdntunaskarya.blogspot.com//2012/07/7-peran-utama-kepala-sekolah.html (diakses 17-09-2013).

Indonesian Journal of Islamic Educational Management p-ISSN: 2515-3610 | e-ISSN: 2615-4242 Vol. 2, No. 1, April 2019, IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, Vol. 2, No. 1, April 2019 | 1 Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam Bambang Supradi

Longenecker, et al, 1981, Management, 5nd edition, Ohio : Charles E Merrill Publishing CO, A. Bell & Howell company

Ngalim Purwanto, 1998 Administrasi Pendidikan (Bandung: Rosdakarya, 1998)

Redja Mayaharjo, 2001, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003

Wina Sanjaya, 2012, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ