MENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING

Authors

  • Imas Masriah Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Jusuf Mudzakkir Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Diah Mutiara Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui kelancaran membaca Al-Qur’an melalui model pembelajaran e-learning di kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, dimana pada saat pendemi orang tua sebagai guru di rumah mengalami kesulitan, mereka kurang mampu mengajarkan Al Qur’an kepada putra-putrinya. sehingga belajar membaca Al - Qur’an kurang maksimal. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaannya langsung di lapangan berupa pembelajaran daring melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, googleform, padlet, voice not, video call, atau video cofrence, serta tayangan video melalui wathsapp group. Obyek penelitian ini adalah kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur dengan jumlah peserta didik 30. Hasil penelitian dapat digambarkan bahwa kondisi pra siklus kelancaran membaca Al Qur’an melalui aplikasi zoomeeting dan googleform nilai rata-rata kelas hanya 73 dari 15 peserta didik dengan ketuntasan 50%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, padlet, video tutorial membaca Al Qur’an, dan video call mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata kelas menjadi 77 dari 22 peserta didik dengan ketuntasan 73%, karena masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM, maka dilanjutkan ke siklus kedua. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus kedua melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, padlet, voice not, video tutorial membaca Al Qur’an, dan video call nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83 dari 29 peserta didik dengan ketuntasan 97%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas peserta didik kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 74. 

Author Biographies

Imas Masriah, Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Magister Studi  Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jusuf Mudzakkir, Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Magister Studi  Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Diah Mutiara, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 https://referensi.elsam.or.id/2014/11/ di akses 31 Mei 2021

Usiono. Pancasila Dan Kewarganegaraan. (Medan: Perdana Publishing, 2014)

Rusydi Ananda, Perencanaan Pembelajaran. (Medan: LPPI, 2019)

Sisdiknas. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). (Bandung: Fokus Media, 2010)

Ramayulis. Metodologi Pengajaran Agama Islam. https://opac.perpusnas.go.id/ di akses 25-08-2001

Downloads

Published

2021-10-28