MENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING

Imas Masriah, Jusuf Mudzakkir, Diah Mutiara

Abstract


Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui kelancaran membaca Al-Qur’an melalui model pembelajaran e-learning di kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, dimana pada saat pendemi orang tua sebagai guru di rumah mengalami kesulitan, mereka kurang mampu mengajarkan Al Qur’an kepada putra-putrinya. sehingga belajar membaca Al - Qur’an kurang maksimal. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaannya langsung di lapangan berupa pembelajaran daring melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, googleform, padlet, voice not, video call, atau video cofrence, serta tayangan video melalui wathsapp group. Obyek penelitian ini adalah kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur dengan jumlah peserta didik 30. Hasil penelitian dapat digambarkan bahwa kondisi pra siklus kelancaran membaca Al Qur’an melalui aplikasi zoomeeting dan googleform nilai rata-rata kelas hanya 73 dari 15 peserta didik dengan ketuntasan 50%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, padlet, video tutorial membaca Al Qur’an, dan video call mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata kelas menjadi 77 dari 22 peserta didik dengan ketuntasan 73%, karena masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM, maka dilanjutkan ke siklus kedua. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus kedua melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, padlet, voice not, video tutorial membaca Al Qur’an, dan video call nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83 dari 29 peserta didik dengan ketuntasan 97%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas peserta didik kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 74. 


Full Text:

PDF

References


Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 https://referensi.elsam.or.id/2014/11/ di akses 31 Mei 2021

Usiono. Pancasila Dan Kewarganegaraan. (Medan: Perdana Publishing, 2014)

Rusydi Ananda, Perencanaan Pembelajaran. (Medan: LPPI, 2019)

Sisdiknas. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). (Bandung: Fokus Media, 2010)

Ramayulis. Metodologi Pengajaran Agama Islam. https://opac.perpusnas.go.id/ di akses 25-08-2001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ