PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI

Wahyu Eko Ramdhany, Jusuf Mudzakkir, Diah Mutiara

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembelajaran PAI (Telaah Materi kelas 3 semester 2) dalam program kegiatan Intrakulikuler dan ekstrakulikuler di SDN Pondok Ranji 03 Ciputat timur Tanggerang selatan. (2) Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius melalui Implementasi Pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis datadata berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi sumber data yang di peroleh adalah sumber data primer maupun sumber data sekunder data analisis dengan pengumpulandata, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penguatan pendidikan Pembelajaran PAI (Telaah Materi kelas 3 semester 2) meliputi : kegiatan intrakulikuler dalam materi PAI kelas 3 di integrasikan dalam penguatan karakter Religius melalui startegi Aktive Learning, Startegi Cooperative Learning dan metode menyesuaikan dalam setiap materi. Kegiatan ektrakulikuler meliputi : kegiatan 3S (senyum, sapa, salam), Paskibra, Pramuka, Dai cilik, PHBI, BTQ di integrasikan dalam penguatan pendidikan karakter Religius. (2) Faktor pendukung dan penghambat Penguatan pendidikan karakter Religius melalui implementasi pembelajaran PAI (Telaah Materi PAI kelas 3 semester 2), adapun faktor pendukung meliputi: (1) fasilitas dan media pembelajaran mendukung (2) Pembiasaan sikap 3S (Senyum sapa dan salam) oleh guru dan peserta didik. (3) Adanya juz’ama dan AlQur’an disetiap kelas, jadi setiap pagi para siswa-siswi SDN Pondok Ranji 03 membaca jus’ama dan Al-Qur’an dikelas masing-masing. Adapun faktor menghambat meliputi : (1) adanya wabah virus covid 19 yang membuat aktifitas kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler melalui daring. (2) Kurangnya perhatian orang tua dalam melakukan pembiasaan karakter Religius.(3) Peserta didik lebih menghabiskan waktu bermain gadget atau handphone. (4) Kurangnya melakukan pembiasaan membaca Al-Quran atau Juz ama di rumah. 


Full Text:

PDF

References


B. Ryan, Kevin, 1999 “Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life”

Eny Wahyu Suryanti, Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018) Universitas Widyagama Malang, 12 September 2018 ISSN Cetak : 2622-1276 ISSN Online : 2622-1284 Prefix - RH Seminar Nasional Hasil Riset 254 PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS

R. Megawangi, 2004 “Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa,” Indones. Herit. Found.

Sahlan, Asmaun dan Prasetyo Teguh, Angga, 2012 “Desain Pembelajaran BerbasisKarakter”, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)

S. Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Wiyani Ardy, Novan, 2013, “Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini”, (Yogyakarta: ArRuzz Media, 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ