ANALISIS SWOT TERHADAP UPAYA MEMBENTUK SANTRI MENJADI TANGGUH DAN MANDIRI: STUDI PESANTREN MUHAMMADIYAH DARUL ARQOM DEPOK

Gilang Haryadi, Mahmudin Sudin, Busahdiar Busahdiar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) dinamika pendidikan di Pesantren Modern Muhammadiyah Darul Arqom Depok dalam membentuk jiwa santri menjadi ulama tangguh dan mandiri; (2) upaya para pimpinan Pesantren tersebut dalam membentuk jiwa santri menjadi ulama tangguh dan mandiri; (3) faktor penghambat dan pendukung dalam upaya membentuk jiwa santri menjadi ulama tangguh dan mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlangsung dalam latar yang wajar (fenomenologis) karena memahami fenomena– fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian misalnya: perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain – lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam betuk kata – kata dan bahasa dalam suatu konteks khusus yang kualitatif sering disebut sebagai pendekatan humanistik, oleh karenanya peneliti selalu berpijak pada sisi kemanusiaan dari suatu kehidupan sosial. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT yaitu membandingkan antara faktor eksternal peluang dan ancaman dengan faktor inernal kekuatan dan kelemahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dinamika Pendidikan di Pesantren Modern Muhammadiyah Darul Arqom Depok dalam membentuk jiwa santri menjadi ulama tangguh dan mandiri adalah berdirinya Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom sebagai wadah perkaderan ulama yang menajdi harapan masyarakat; (2) Upaya  Pimpinan Pesantren Modern Muhammadiyah Darul Arqom Depok membentuk jiwa santri menjadi ulama tangguh dan mandiri adalah dengan memberikan program takhosus, tahfizul Al-Qur’an, bilingual bahasa arab dan inggris juga melatih santri agar terbiasa terjun ke masyarakat dengan kegiatan sosial. (3) Faktor penghambat dalam upaya tersebut adalah rasa tanggung jawab sebagai pendidik yang belum maksimal dalam mengajar, sarana dan prasarana yang belum memadai dalam menunjang proses pembelajaran. Sedangkan faktor penduku

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2005. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ali, Mohammad Daud dan Habibah Daud. 1995. Lembaga–Lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Al-Jazairy, Sufyan. 2012. Aṣ năful Ulama Wa Auṣ ofuhum (Potret Ulama Antara Yang Konsisten & Penjilat). Terj. Muhammad Saffuddin. Solo: Jazera, Cetakan Kedua.

Al-Qurtubi, Muhammad Bin Ahmad, 2010. Al-Jami’ li Ahkamil Qur`an. Mesir: Darul Ghad Al-Jadid.

Arief, Armai. 2007. Reformulasi Pendidikan Islam. Ciputat: CRDS Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin , Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Burhani, Ahmad Najib. 2016. Muhammadiyah Berkemajuan. Bandung : PT Mizan Pustaka,

Chusein, Choeron. 1987. Persoalan Fungsi, Bukan Status dalam P3M, Jurnal Pesantren No. 2/Vol.IV/1987. Jakarta: P3M.

Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Proyek Peningkatan Pendidikan n Luar Sekolah pada Pondok Pesantren, Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta : 2003

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Desmita. 2011 Psikologi Perkembangan Pesarta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Desmita. 2012 Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. 1993. Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve. Cetakan Pertama.

Dhofier, Zamakhsyari. 1983. Tradisi Pesantren. Yogyakarta: LP3ES.

Djam’an, Satori dan Aan, Komariah. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Dunnette. 1976. Keterampilan Pembukuan. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Fachrudin. 2015 Statuten Reglemen dan Extac der Besluit dari Perhimpunan Muhammadiyah Yogyakarta, dalam Boeah Fikiran K.H.A. Dachlan. Jakarta, Global Base Review & STIEAD Press.

Fatimah, Enung. 2016. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Hadi, Sutrisno. 2008. Metodologi Research II. Jogja : Siliwangi

Haedar Nashir: Tujuh Ciri Pesantren Berkemajuan. See - https://ibtimes.id/haedar-nashir-tujuh-ciri-pesantren-berkemajuan/ diakses pada tanggal 17/01/2022

Hamka. 2003. Tafsir Al-Azhar. Singapura

Hartati, Netty et. 2004. Al. Islam & Psikologi. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Hasan, Tholhah. 1987. Jangan Dituntut Terlalu Banyak dalam P3M, Jurnal Pesantren No. 2/Vol.IV/1987 Jakarta: P3M.

Hasbullah. 1999 Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasyi, Umar. 1983 Mencari Ulama Pewaris Nabi (Selayang Pandang Sejarah Para Ulama). Surabaya: PT. Bina Ilmu, Cetakan Kedua.

Hsubky, Badruddin. 1995 Dilema Ulama Dalam Perubahan Zaman. Jakarta: Gema Ihsani, Cetakan Pertama.

Jamal Ma’mur Asmani. 2003. Dialektika Pesantren dengan Tuntutan Zaman. Jakarta : Qirtas.

Kartadinata, Sunaryo. 1988. Profil Kemandirian dan Orientasi Timbangan Sosial Mahasiswa serta Kaitannya dengan Perilaku Empatik dan Orientasi Nilai Rujukan: Disertasi. Bandung: Program Pascasarjana IKIP Bandung.

Katsir, Abul Fida Ismail Ibnu. 1991. Tafsir Al-Qur`annul ‘Adzim. Beirut: Daarul Jiil.

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan 3. Bandung: Alfabeta.

Lazuardi, 2018. Sistem dan Orientasi Pendidikan Pesantren Muhammadiyah di Sumatera Utara (Disertasi). Medan: Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

Machali, Imam dan Ara Hidayat, 2016. The Handbook Of Education Management (Teori, dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia). Jakarta: Prenadamedia Group.

Mahmudah, Imroatul. 2009. Perbedaan Ketangguhan Pribadi (Hardiness) Antara Siswa Dan Siswi Di Sekolah Menengah Pertama Daerah Rawan Abrasi. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi Vol. 11, No. 2.

Manjta W. 2005. Etografi: Desain Penelitian Kualitatif Dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.

Mas’udi, M. Ali. 2015 Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Jurnal Paradigma 2, no. 1

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS XX.

Masyhud, M. Sulthon dan M. Khusnurridlo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren, cet. 1. Jakarta: Diva Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Kary

Muhakamurrohman. Ahmad. 2014. Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi, Jurnal Kebudayaan Islam IBDA 12, no. 2

Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Penada Media.

Mulkhan, Abdul Munir. 2002. Teologi Kiri Landasan Gerakan Membela Kaum Mustad`afin. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Mumtahanah, Nurotun. 2015 Pengembangan Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri. AL-HIKMAH Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1

Nilasari, Senja. 2014. Manajemen Strategi Itu Gampang. Jakarta:Dunia Cerdas.

Nor, Mahpuddin. 2006. Portet Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora.

Nurani, Fajar D.F. 2019. The Guide Book Of SWOT. Yogyakarta: QUADRANT.

Oktari, Dian Popi. 2019. Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren, JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 2019. Vol. 28, No.1.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2014 Indonesia Berkemajuan: Rekonstruksi Kehidupan Kebangsaan yang Bermakna. Yogyakarta, PPM.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2013. Ketentuan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Penyelenggaraan Pesantren, Jakarta: Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah.

Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang: Grasindo.

Rakhmat, Jalalludin. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rangkuti, Fredy. 2016. Analisis SWOT: Tehnik membedah kasus Bisnis (Cara perhiungan bibit, rating dan OCAI). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ridwan, Nasir. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Ditengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyadi, Dayun. 2010. Psikologi Agama. Curup: Lp2 STAIN Curup.

Robbins. 2000. Keterampilan Dasar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Saridjo. 2009 Mereka Bicara Pendidikan Islam Sebuah Bunga Rampai, Jakarta: DPP GUPPI.

Siswanto. 2013 Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Non Formal. Semarang: Fakultas Ilmu pendidikan UNNES.

Soemarjadi. 1992 Pendidikan Keterampilan. Jakarta : Depdikbud.

Sugiyono. 2009 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RND. Bandung: ALFABET.

Suryatama, Erwin. 2014. Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Surabaya: Kata Pena

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Tim Pustaka Phoenix. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Media Pustaka Pheonix.

Tohirin. 2012. Metode Kualitatif Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Toni, Hariya. 2016. Pesantren Sebagai Potensi Pengembangan Dakwah Islam, Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 1, no. 1

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Umar, Husein. 2001. Strategic Management In Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.

Wahid, Abdurrahman. 1995 Pesantren sebagai Subkultur, dalam M. Dawam Rahardjo (ed.) Pesantren dan Pembaharuan, cet. 5 .Jakarta: LP3ES

Wahyudi, Bambang. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Sulita.

Zuhairini dkk. 2000. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ