PENDIDIKAN KELUARGA: STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN BUYA HAMKA DAN KI HAJAR DEWANTARA

Gelar Reka Putra, Ayuhan Ayuhan, Mahmudin Sudin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa konsep Pendidikan Keluarga dalam pemikiran Buya Hamka dan Ki Hajar Dewantara. Metode yang digunakan kualitatif dengan penelitian pustaka. Karya-karya kedua tokoh tersebut menjadi sumber primer dalam pengambilan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis isi kualitatif. Penelitian menemukan bahwa keluarga menurut Buya Hamka adalah tempat persatuan antara orang tua dan anak yang di dalamnya terdapat tanggung jawab orang tua untuk membesarkan, mengasuh, mendidik dan mengajarkan nilai-nilai kepemimpinan, serta mengarahkan anak untuk hidup merdeka dan mendorong agar anak dapat mengikuti perkembangan zaman. Menurut Hamka kewajiban orang tua pada anak terletak pada penguatan Pendidikan anak untuk menyaring baik dan buruk, perannya sebagai pendidik bagi anak. Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara keluarga adalah suatu tempat yang terbaik untuk melakukan pendidikan sosial, dan membentuk budi pekerti anak sebagai persediaan hidup dalam masyarakat. Pendidikan di keluarga harus didasarkan pada usia agar dapat mudah menentukan kurikulum yang tepat untuk anak. Kewajiban orang tua pada anak menurut Ki Hajar Dewantara adalah menjadikan orang tua sebagai guru, pengajar yang membantu peran guru di sekolah, dan orang tua menjadi teladan bagi tumbuh kembangnya anak, serta memberikan komunikasi yang terjalin cinta dalam keluarga.


Full Text:

PDF

References


‘Ulwan, Abdullah Nashih. (2015). Pendidikan Anak Dalam Islam. Sukoarjo: Penerbit Al-Andalus.

Abdurakman, Hasanudin. (2018). Belajar, Sekolah, Sukses, Kaya: Melawan Miskin Pikiran. Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia.

Ahmadi, Abu. (1998). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Bina Aksara.

Ahmadi, Rulam. (2016). Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Al-Maraghiy, Ahmad Musthafa. (1992). Terjemah Tafsir Al-Maraghi Juz 19. Semarang: PT Karya Toha Putra.

Amini, Ibrahim. (2006). Agar tak salah mendidik. Jakarta: Al Huda.

Arief, Armai dan Busahdiar. (2009). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Wahana Kardofa.

Dewantara, Ki Hajar. (1977). Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa. Cet II

Dewantara., Ki Hajar. (1961). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Taman Siswa.

Hamka. (1982). Tafsir Al Azhar Juz XXI. Jakarta: Penerbit Pustaka Panjimas.

Hamka. (1984). Hamka di Mata Hati Umat. Jakarta: Sinar Harapan

Hamka. (1985). Tafsir Al-Azhar: Juz 28. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hamka. (1998). Tafsir Al Azhar: Juz 27. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hamka. (2014). Pribadi Hebat. Jakarta: Gema Insani.

Hamka. (2015). Falsafah Hidup. Jakarta: Republika Penerbit

Hamka. (2015). Lembaga Hidup. Jakarta: Republika Penerbit

Hamka. (2015). Tasawuf Modern. Jakarta: Republika Penerbit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ