PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA: STUDI PEMIKIRAN YUSUF AL-MAKASSARI

Oky Trisna Sanjaya, Lukman Hakim, Amirsyah Amirsyah

Abstract


Syaikh Yusuf Taj Al-Makassari adalah seorang ulama yang memiliki pengaruh luas di dalam keilmuan Islam, tasawuf, dan perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Merupakan sebuah urgensi untuk meninjau kembali bagaimana konsep pendidikan moderasi beragama yang dimiliki oleh Syaikh Yusuf karena dengannya ia dapat berhasil menyentuh pemahaman berbagai kalangan masyarakat dengan ragam budaya. Penelitian ini didesain sebagai library research (penelitian Pustaka) dengan mengkaji 2 kitab karya Syaikh Yusuf, yaitu Tuhfat Abrar dan Taj Asrar. Artikel ini menegaskan bahwa Syaikh Yusuf selalu menghindari perselishan dan mengutamakan penggabungan dari dua pandangan yang berbeda. Metode ini menekankan karakter moderasi beragama yang dikampanyekan oleh Syaikh Yusuf.


Full Text:

PDF

References


Azra, Azyumardi. (2004). The Origins of Islamic Reformism in Southeast Asia: Networks of Malay-Indonesian and Middle Eastern ‘Ulama in the Seventeenth and eighteenth centuries. North America: University of Hawai’i Press.

Bauer, Susan Wise. (2007). The History of The Ancient World: From The Earliest Accounts to The Fall of Rome. New York: W. W. Norton New York London.

Creswell, John W. dan J. David Cresswell. (2018). Research Desain: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage.

Deradjat, Zakiyah, dkk. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Duhigg, Charles. (2018). The Power of Habit. Jakarta: KPG.

Subhi, Muhammad. (2019). Modul Training of Trainer untuk Auditor Promosi Toleransi dan Moderasi Beragama. Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara.

Tudjimah. (1997). Syekh Yusuf Makasar: Riwayat dan Ajaranya. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Wijaya, Aksin dan Yamani, Abu Bakar. (2017). Menyatu dalam Persaksian: Konsep Wujud dalam Tasawuf Shekh Yusuf Al-Makassari. Yogyakarta: Kalimedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ