UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN SISWA SD MUHAMMADIYAH 03 KREATIF TANGERANG SELATAN

Fitri Awaliah, Rika Sa'diyah

Abstract


SD Muhammadiyah 03 Kreatif Tangerang Selatan merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan yang terletak di Tangerang Selatan. Sekolah ini memiliki beberapa program unggulan muatan lokal diantaranya program menghafal Al-Qur’an. Tentunya dalam meningkatkan tingkat kemampuan hafalan Al-Qur’an peserta didik, Guru Tahfidz memiliki strategi dalam proses belajar mengajar. Dalam Penelitian ini dilakukan teknik Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an dan (2) upaya Guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan peserta didik dengan menggunakan metode Talaqqi. Adapun upaya Guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan peserta didik  dalam menghafal Al-Qur’an antara lain: a) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan metode talaqqi yaitu Guru membacakan ayat yang akan dihafal diikuti oleh peserta didik secara berulang ulang, dan selanjutnya mempersilahkan peserta didik menghafal secara mandiri sebelum menyetorkan hafalannya kepada Guru, b) Membuat media pembelajaran Talaqqi Murottal surat Albayyinah yang berbentuk Audio Visual untuk diperdengarkan kepada peserta didik  agar penelitian Tindakan ini lebih maksimal. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan metode kualitatif yaitu: 1. Merencanakan; 2. Melaksanakan; 3. Observasi; 4. Merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai Guru sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan menghafal peserta didik kelas 2 SD Muhammmadiyah 03 Kreatif Tangerang Selatan meningkat signifikan. Nilai peserta didik diklasifikasikan menjadi empat tingkatan yaitu (1) rentang nilai 90-99 adalah peserta didik dengan kemampuan menghafal Sangat baik yaitu dari 0 peserta didik (0%) meningkat menjadi 3 peserta didik (13%), (2) rentang nilai 80-89 adalah peserta didik yang memiliki kemampuan menghafal Baik dari 5 peserta didik (22 %) meningkat menjadi 15 peserta didik (65%), (3) rentang nilai 70-79 adalah peserta didik dengan kemampuan menghafal Cukup yaitu dari 10 peserta didik (43%) berkurang menjadi 3 peserta didik (13%) dan (4) rentang nilai 60-69 (nilai dibawah KKM) adalah peserta didik  dengan kemampuan menghafal Kurang dari 8 peserta didik (35%) berkurang menjadi 2 peserta didik (9%). Dari hasil rekapitulasi dapat disimpulkan bahwa peningkatan nilai didominasi oleh peserta didik yang mempunyai kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan Baik. 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Jamal.ََ2013.ََ Islamic Parenting Pendidikan Anak Metode Nabi SAW. Solo: Aqwam.

Abdul, Syeikh Muhammad. 2010. Jannah, Jakarta: PT Al Amanah.

Ahsin W, Al hafidz. 2008. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Arifin, H.M. 1987. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

Arikunto. Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, Cet. X. Departemen Agama RI, 1994.

Departemen Agama. 2005. Wawasan Tugas.

J. Meleong. Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Cet. III.Rosda Karya.

Pourwadarminta. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Duta Rakyat.

Prastowo, andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Purwanto, M. Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rusyan, A. Tabrani. 2012. Yani Daryani, Penuntunan Belajar yang Sukses. Jakarta: Bima Karta.

Sardiman, AM. 2003. Integrasi dan motivasi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shihab, M. Quraisy. 2005. Kawasan dan Wawasan Al-Qur’an, Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Ibnu Hazm. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Yunus, Muhammad. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT Hidakarya Agung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ