MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL KOTA TANGERANG

Lena Lestari, Rika Sa'diyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empirik mengenai Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil  Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMA Daarul Qur’an Internasional Kota Tangerang secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu Siswa SMA Darul Qur’an Internasional Kota Tangerang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 114 responden siswa SMA Darul Qu’an Internasional Kota Tangerang dari total 341 populasi pada semester genap tahun ajaran 2020-2021. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Terdapat Pengaruh minat belajar secara parsial namun tidak signifika terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada uji tabel T, diperoleh out dengan nilai Asymp.sig. (2.sided) pada uji Pearson Chi-Square adalah sebesar 0,033. Karena nilai Asymp.sig. (2.sided) 0,033 > 0,05. berdasarkan keputusan nilai tersebut mendapatkan hasil bahwa minat belajar secara parsial berpengaruh namun tidak signifikan terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Kedua, Terdapat Pengaruh Motivasi Belajar secara parsial  yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam yang tunjukkan dengan dapat diperoleh out put nilai Asymp.sig. (2.sided) pada uji Pearson Chi-Square adalah sebesar 0,884. Karena nilai Asymp.sig. (2.sided) 0,884 < 0,05, maka berdasarkan keputusan di atas mendapatkan hasil bahwa Motivasi Belajar secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam artinya dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar maka akan semakin menurun hasil belajar pendidikan agam Islam. Ketiga, Adapun Nilai koefisien korelasi (R) menunjukkan 0,250 yang menandakan bahwa variabel independen dengan dependen mempunyai korelasi yang rendah, karena berada pada kriteria 0,200 – 0,400, sedangkan nilai koifisien determinasi pada R Square menunjukkan 0,63, berdasarkan tabel tersebut di atas data menunjukan bahwa 63 % dari varian kinerja dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel Minat Belajar dan Motivasi Belajar, sedangkan 37% sisanya dijelaskan oleh faktor lainnya.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendis Depag. RI, 2009.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008, cet. Ke-8.

Azhari, Akhyas. Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: PT Mizan Publika, 2004, Cet. 1.

Djaali, dan Farouk Muhammad. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Restu Agung, 2005.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007, cet. Ke-2.

Dradjat, Zakiah. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 1984, Cet. 1.

Echlos, John M. dan Shadily, Hassan. Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gremedia, 1980, Cet. 7, hal. 21

Faisal, Sanapiah. Metodologi Penelitian Pendidikan Surabaya. Usaha Nasional, 1982.

Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000, Cet. 3.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset, 1994, Jilid 1, cet. Ke-27.

Herwono. Belajar Mengajar Berbasiskan Emosi. Jakarta: MLC, 2005.

Iska, Zikri Neni. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Kizi Brother’s, 2011.

Khalili, Amal Abdussalam. Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kaustar, 2005.

Kountor, Ronny. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM, 2000.

Mubayidh, Makmun. Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kaustar, 2010, cet. 4.

Munadir. Enslikopedia Pendidikan. Malang: UM Press, 2003.

Munandar, Utami. Mengembangkan dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1999, cet. 3.

Nasir, Mohamad. Metode Penellitian. Bogor : Galia Indonesia. 2005.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2008, Ed, 2, cet. 3.

Nursalam. Konsep Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu. Jakarta: Salemba Medica. 2003.

Patton, Patricia. Kecerdasan Emosional Landasan Untuk Meraih Sukses Pribadi dan Karir. Jakarta: Mitra Media, 2000.

Pertiwi, Aprilia F. Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Jakarta: Gramedia, 1997.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008, cet. Ke-23.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Riduwan. Dasar-Dasar Statistik, Bandung: Alfabeta, 2003.

Rose, Colin dan Nicholl, Malsom J. Cara Belajar Cepat Abad XXI. Penerjemah Dedy Ahimsa, Bandung: Nuansa, 2002.

Sabri, M. Alisuf. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2001.

-------. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya: 1996.

Santoso, Singgih. SPSS Pengolahan Data Statistik Secara Profesional, Jakarta : Elek Media Komputindo, 2001.

Sebastian, Yoris. Oh My Goodness! Buku Pintar Seorang Creative Junkies. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2010, Cet. 1

Semiawan, Conny R. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Prenhallindo, 2002.

Shaleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2004.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1996, Cet. 3.

Steven J. Stein, dan Howard. E. Book, Ledakan EQ: 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses, Bandung: Kaifa, 2002, hal. 34

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Uno, Hamzah B. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008, Cet. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ