PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SDN TENGAH 01 KECAMATAN KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR

Rofiqoh Rofiqoh, Rika Sa'diyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa belum diketahuinya pengaruh pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa. Tujuan penelitian  ini adalah untuk : (1) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, (2) Mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar  Pendidikan Agama Islam,  (3) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap hasil  belajar Pendidikan Agama Islam  kelas V SD Negeri Tengah 01 kecamatan KramatJati Jakarta Timur.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif (survei). Sampel penelitian adalah orang tua siswa kelas V SDN Tengah 01 kecamatan Kramatjati Jakarta Timur sejumlah 114 orang tua. Instrumen dalam bentuk angket yang dikirim melalui google form. Analisis data menggunakan teknik korelasi.untuk mengetahui tingkat pengaruh variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y), baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.  Hasil penelitian yaitu (1) Pola asuh orang tua berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dimana koefisien korelasi sebesar 0,703 menghasilkan thitung = 10,461 lebih besar dari ttabel = 1,98 pada α = 0,05, (2) Status sosial ekonomi berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dimana koefisien korelasi sebesar 0,629 menghasilkan thitung = 8,556 lebih besar dari ttabel = 1,98 pada α = 0,05, (3) Pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dengan Koefisien korelasi ganda antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat Ry.12 sebesar 0,796 menghasilkan Fhitung = 96,078 lebih besar dari Ftabel = 3,08 pada α = 0,05. Dari koefisien korelasi tersebut, dapat dihitung koefisien determinasi (Ry.12)2 sebesar 0,634 berarti bahwa 63,4% proporsi varians hasil belajar Pendidikan Agama Islam dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh pola asuh orang tua serta status sosial ekonomi. 


Full Text:

PDF

References


Abdulsyani, (2007). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan, Jakarta: Bumi Aksara.

Aisyah St, ( 2010). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Agresivitass Anak. Jurnal. Universitas Negeri Makasar.

Anwar, Rosihan, (2004). Ulumul Al Qur’an, Bandung, Pustaka Setia.

Ashari, Hardian, (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Anak, LPMP Lampung, Jurnal Pendidikan.

Bea, Septiari Bety, (2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta. Nuha Medika.

C. Drew Edwards, (2006). Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Casmini (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: P_idea.

Djamarah, Syaiful Bahri, (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, (2017). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.

https://kbbi.web.id/asuh,diakses pada hari Rabu, 16 Desember 2020 pada jam 14.20 wib.

Kunandar, (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul, (2014). Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Interest Media.

Muhammad, Shocib, (2000). Pola Pengasuhan Terhadap Anak, Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Naimuna Hasan, (2009). Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: Diva Press.

Nizar, Samsul, (2001). Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta : Gaya Media Pratama.

Purwanto, Ngalim, (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Richard G Lipsey, Pete o Steiner, diterj. DN Tarigan, (2017). Skala Status Sosial Ekonomi, Jurnal Universitas Medan.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak, Jakarta : Erlangga.

Sardiman A.M., (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Siregar, Eveline., Hartini Nara, (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.

Sri Anitah W, et. al, (2007). Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugihartono, dkk. ( 2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sumardi, M., (2004). Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok, Jakarta: Rajawali.

Tafsir, Ahmad dkk, (2004). Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka.

Tembong, Prasetya, G. (2003). Pola Pengasuhan Ideal, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo..

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bab II pasal 3,(2006). Bandung: Fermana.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depertemen Pendidik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ