STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Ade Kurnia, Abd. Basit, Anis Setiyanti, Ayuhan Ayuhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN Rawabuntu 03 Tangerang Selatan. Secara rinci, tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Rawabuntu 03 Tangerang Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat analisis kualitatif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber pada realitas dan keadaan yang terjadi di sekolah SDN Rawabuntu 03 Tangerang Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengolahan data ini adalah observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian di SDN Rawabuntu 03 Tangerang Selatan adalah kepala sekolah memiliki strategi dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Rawabuntu 03 Tangerang Selatan dengan: (1) mengubah mindset guru dari paradigma lama ke paradugma baru. (2) memberikan motivasi serta dorongan kepada guru untuk bekerja dan berkarya lebih maksimal. (3) memberikan teladan atau contoh kepada guru nya. (4) meningkatkan kedisiplinan guru untuk hadir lebih awal serta disiplin dalam proses belajar mengajar. (5) memberikan pembinaan atau supervisi serta pelatihan peningkatan kemampuan kompetensi guru.


Full Text:

PDF

References


asri, H. (2013). Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. hlm. 199-200

Mardhatillah, M., Verawati, V., Evianti, E., & Pramuniati, I. (2019). BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Mardhatillah, Musdiani, & khausar. (2019). Analysis the Role of Headmaster in Applying Quality of Education in Primary school Kabupaten, Aceh Barat. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal Volume 2, No 3, August 2019, Page: 19-27

Muthondu, G. W (2007). “Teachers’ Perception of Female Head teachers’ Leadership Styles in Public Secondary Schools in Nairobi Province.” Unpublished M.Ed. Project, University of Nairobi pg.75.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. hlm. 6

Musdiani, M. (2013). Minimizing Traditional Approach in Indonesian Education. Visipena Journal, 4(1)

Musdiani, M. (2018). The Influence of Problem-Based Learning Model on Learning IPS. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(2), 267-276.

Mwalala, D. B. (2007).’’The Influence of Head teachers’ Leadership Styles on K.C.S.E Performance in Public Secondary Schools in Taita District.” Unpublished M.Ed. Project, university of Nairobi pg 44, 65.

Okutu, A., Chumba, S., Saina, S., & Kurgat, J. (2011). Head teachers’ role in policy making in secondary schools in kenya: a case of kobujoi division in nandi county. International journal of current research, 3 (7), p302-307.

Raihani. (2010). Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang. hlm. 184

Sa’ud, U. S. (2014). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabet, hlm. 63

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. hlm. 1

Syafaruddin. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press. hlm. 97-10

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008, tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara, 2009. hlm. 64.

Wango, G. M., & Mungai, E. K. (2007). Counselling in the Schools. A Handbook for Teachers. Nairobi: Phoenix Publishers Ltd.

Wirdaningsih, W., & Mardhatillah, M. (2016). Penerapan Media Audio-Visual Terhadap Keaktifan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ