STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS DI SDIT

Authors

  • anis Setiyanti Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fajar Syamsi Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • abd Basit Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar di SDIT Al Ummah CiputatTangerang Selatan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang di peroleh adalah sumber data primer maupun sumber data sekunder dan analisis data dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan kepala sekolah dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 di SDIT Al Ummah Ciputat-Tangerang Selatan sebagai berikut: (1) Penggunaan media pembelajaran berbasis online dalam kegiatan belajar mengajar, (2) Melakukan assesmen secara rutin, (3) Melakukan pembelajaran menarik untuk menyegarkan kembali semangat siswa dalam belajar, (4) Pembelajaran tatap muka di sekolah untuk siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran online. Adapun dampak dari strategi tersebut adalah : (1) Kegiatan kegiatan belajar mengajar bergantung pada jaringan internet, (2) Tambahan beban ekonomi orang tua dalam membeli kuota internet, (3) Pentingnya peran orang tua untuk membantu pemahaman siswa, (4) Kejenuhan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Author Biographies

anis Setiyanti, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fajar Syamsi, Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

abd Basit, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Alma, B. (2008). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta. hlm. 123

Burhanudin. (1994). Analisis Administrasi, manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. hlm. 135

Dewi, W. A. F. (2020) Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring, 2020, 2(1), 55– 61.

Firman & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi COVID19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2020, 2(2), 81–89.

Gunawan, S. N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemi Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 2020, 1(2), hlm. 61–70. di dalam : Luh Devi Herliandry, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, Heru Kuswanto, Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22 No. 1 2020.

Keputusan Bersama (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama, Kementrian Kesehatan, dan Kementrian Dalam Negri), Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), 15 Juni 2020, hlm. 4.

Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemii COVID-19, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5, No. 1 , September 2020, hlm. 140

Mary, S. P., dan Coutler, R. Manajemen. Jakarta: Prenhlmlindo. hlm. 231- 232.

Mulyasa. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hlm. 42.

Mulyasa. (2007). Menjadi kepala sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. hlm 98-120.

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Rosda Karya. hlm. 8-9.

Mulyono. (2009). Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media. hlm. 151.

Porter, M. E. (1998). Competitive Strategy. New York: Free Press

Said, M. (2007). Kepemimpinan. Pengembangan Organisasi, Team Building dan Perilaku Inovatif. Malang: UIN Malang Press. hlm. 121.

Soetopo, H. (1982). Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. Malang: Bina Aksara. hlm. 26

Wawancara dewan guru SDIT Al Ummah ibu Dyah Fasya Fauziah, S.Pd, tanggal 12 Maret 2021

Wawancara kepala sekolah SDIT Al Ummah ibu Sri Muawanah, S.Pd, tanggal 12 Maret 2021

Wiranda, T., & Adri, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. VoteTEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 2019, 7(4), 2302– 3295.

Downloads

Published

2022-10-26