METODE KAIDAH DAARUL QUR’AN DAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI IMPLEMENTASI DAN EFEKTIVITAS METODE KAIDAH DAQU TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PESANTREN TAHFIZH DAARUL QUR’AN PUTRI CIKARANG TAHUN 2021- 2022)

Ahmad Nurjihansyah, Sopa Sopa, Siti Shofiyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan bacaan Al-Qur’an santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an. Sebagai lembaga pendidikan yang menjadikan program tahfizh Al-Qur’an sebagai program unggulan seharusnya masalah bacaan santri sudah baik dan tidak diragukan lagi. Faktanya setelah diadakan ujian kompetensi untuk kelas akhir oleh LSP Daarul Qur’an dari jumlah asesi 446 santri yang dinyatakan kompeten hanya 189 santri (42,37 % kompeten). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan penjelasan secara komprehensif dan sistematis mengenai konsep Kaidah Daqu dan implementasinya dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Putri Cikarang. Untuk mengetahui efektivitas metode Kaidah Daqu terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Putri Cikarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk metode deskriptif analitik atau penelitian yang ditunjang dengan data yang diperoleh dai penelitian lapangan.Tehnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Kaidah Daqu merupakan metode praktis cara membaca Al-Qur’an di Daarul Qur’an. Metode Kaidah Daqu dapat memudahkan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan cepat, tepat dan benar. Metode ini dibekali dengan pengenalan huruf hijaiyyah dan cara pengucapannya sesuai dengan makhorijul huruf dan shifatul huruf, selain itu dibekali juga dengan hukum-hukum tajwid dan gharaib al qiraah. Dalam metode Kaidah Daqu edisi terbaru baik secara tehnis, konten, SOP, panduan mengajar dan juga program sudah jauh lebih baik dan lengkap dari metode Kaidah Daqu sebelumnya. Implementasi metode Kaidah Daqu dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Cikarang dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Secara subtansinya, perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Kaidah Daqu sudah cukup baik. Demikian juga pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Kaidah Daqu dapat dikatakan cukup baik dan lancar, baik pada kegiatan pembuka, kegiatan inti dan penutup sudah sesuai dengan petunjuk tehnis yang telah disusun. Efektivitas metode Kaidah Daqu dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Putri Cikarang masih kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari dua aspek yaitu evaluasi metode Kaidah Daqu dan indikator-indikator efektivitas.


Full Text:

PDF

References


Dikutip dari Dokumen Kurikulum Tingkat Satu Pendidikan SMP Daarul Qur’an Internasional 2018, hlm. 5. (n.d.).

, S. k. (2021). Tentang, Hasil Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi (LSP) Daarul Qur’an. Tangerang: LSP-Pesantren Tahfizh Daarul .

Fauz, M. (2019). Tahfizh Al-Qur’an Kurikulum dan Manajemen Pembelajaran di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang Banten. Tangerang: PSp Nusantara Pres.

Metode Kaidah Daqu edisi revisi 2021 adalah Methode Kaidah Daqu cetakan ketiga yang telah direvisi secara total baik konten, metodologi maupun SOP-nya oleh Biro TahfizhYayasan Daarul Qur’an. (n.d.).

Muhaimin, A. (2022). Kepala Tahfizh Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Putri Cikarang. Cikarang: Kantor Unit Tahfizh Pesantren.

Qur’an, D. P. (2020). Blue Print Pendidikan Daarul Qur’an 2020-2023. 17 Agustus.

Wawancara dengan Kepala Biro Tahfizh Daarul Qur’an tentang konsep kaidah daqu dan pembelajaran Al-Qur’an di Daarul Qur’an, Tanggal 22 November 2021, di Markaz I’dad Mu’allimil Qur’an. (n.d.).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ