PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS MASYARAKAT MODERN: STUDI PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Wira Arifin Jamil, Abd. Basit, Busahdiar Busahdiar

Abstract


Artikel ini mengkaji pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang pendidikan Islam dalam konteks masyarakat modern. Penelitian ini bersifat dekriptif kualitatif. Sedangkan metodenya adalah library research yang dalam pengumpulan dan Analisa datanya dilakukan dengan qualitative content analysis (Analisa isi kualitatif) yaitu mengambil data dari sumber primer yang merupakan karya Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Pendidikan Islam menurut Al-Attas adalah suatu proses penanaman ilmu ke dalam diri manusia. Tujuan pengetahuan dalam Islam adalah menanamkan kebaikan ke dalam diri manusia sebagai manusia yang sejati. Tujuan pendidikan Islam adalah menghasilkan manusia yang sempurnayaitu insan kamil yang merefleksikan keteladanan Nabi Muhammad Saw dalam ilmu dan amal. 2) Masyarakat Modern menurut Al-Attas adalah suatu peradaban yang mengalami kemajuan dalam seluruh aspek kehidupan sehingga manusia melupakan fitrahnya dan jauh dengan agama. Kemudian pola pendidikan yang lebih menekankan sifat fardhu kifayah dibandingkan dengan fardhu ‘ain 3) Pendidikan Islam perlu reorientasi terhadap visi, misi dan tujuan. Pendidikan harus diutamakan yang sifatnya fardhu ‘ain dari pada fardhu kifayah, sedangkan fardhu kifayah (ilmu dunia) harus disisipkan pengetahuan yang sifatnya fardhu ‘ain (ilmu agama). Agar terwujudnya manusia yang sesuai dengan fitrah agama. 


Full Text:

PDF

References


Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1990). Islam dalam Sejarah dan Kebudayaan Melayu. Bandung: Mizan.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1992). Konsep Pendidikan dalam Islam, Terj. Dari The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philoshopy of Education oleh Haidar Bagir. Cet. Ke-4. Bandung: Mizan.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1981). Islam dan Sekularisme. Karsidjo Djojosuwarno (penerjemah). Bandung: Mizan.

Asfar, Harun. (2003). “Konsep Spiritualitas Islam Sebagai Pencegah Gejolak Perubahan Sosial”, dalam Amsal Bakhtiar (ed). Tasawuf dan Gerakan Tarekat. Bandung: Angkasa. 2003

Azra, Azyumardi. (2014). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Cet. II. Jakarta: Kencana.

Asy’ari, Muhajir. (2011). Ilmu Pendidikan Persepektif Kontekstual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aqil Siroj, Said. (2006). Tasawuf Sebagai Kritik Sosial Mengedepankan Islam Sebagai Inspirasi Bukan Aspirasi. Bandung: Mizan.

Al-Rasyidin dan Samsul Nizar. (2005). Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Madjid, Nurcholis. (1992). Islam Doktrin dan Peradapan. Jakarta: Yayasan Paramadina.

Marcel A. Boisard. (1980). L’ humanisme, L’ Islam, terj. HM. Rasyidi. Jakarta: Bulan Bintang.

Noer, Deliar. (2003). Pembangunan di Indonesia. Jakarta: Mutiara. 2003

Nashir, Haedar. (1997). Agama Krisis Kemanusiaan Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ