AL-QUR'AN READING AND WRITING LEARNING MODEL THROUGH ONLINE MEDIA DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN CLASS 3B SDN ULUJAMI 01 PAGI

Fatiyah Fatiyah, Oneng Nurul Bariyah

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena adanya pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran di SDN Ulujami 01 Pagi khusunya pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an (BTQ). Fokus penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran BTQ melalui media online yang efektif bagi siswa kelas 3B SDN Ulujami 01 Pagi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji model pembelajaran BTQ melalui media online yang efektif bagi siswa kelas 3B SDN Ulujami 01 Pagi. Landasan teori yang digunakan adalah teori model pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis ICT dan metode pembelajaran qiro'ati dan manzhur untuk belajar membaca dan menulis Al-Qur'an dengan baik dan benar. Penelitian ini dilakukan oleh penulis sebagai guru sekaligus peneliti dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang didapat dari penelitian ini akan dianalisis menggunakan metode kuantitatif untuk kemampuan belajar peserta didik, dan metode kualitatif untuk observasi aktivitas peserta didik di kelas. Berdasarkan analisis yang dilakukan, persentase tingkat keberhasilan peserta didik mencapai 85% dan persentase ketuntasan klasikal sudah mencapai 100%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis ICT Plus dengan metode pembelajaran qiro'ati dan manzhur dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik ke arah yang lebih baik, peserta didik menjadi lebih tanggap dan aktif sehingga model pembelajaran cukup efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran membaca. menulis Al-Qur'an secara online selama pandemi Covid-19

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi. (2017).).Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Humam, As’ad. (2000). Buku Iqra’, Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an. Jilid I-6. Yogyakarta: Team Tadarus AMM.

Khosim, Noer. (2017). Model-Model Pembelajaran. Surabaya: Suryamedia

Kusumah, Wijaya, dan Dedi Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Kusumah, Wijaya, dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Lefudin. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI)

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Adik. (2014). Metodologi Penelitian Praktis. Depok : Rajawali Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ