IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (Studi Kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi)

Sholehuddin Sholehuddin, Amirsyah Tambunan, Ummah Karimah

Abstract


Implementasi Integrasi Kurikulum Pada Proses Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter santri, Tesis Magister Studi Islam, Konsentrasi Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2022. Hasil penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ekploratif  yang berjudul Implementasi Integrasi Kurikulum pada pembentukan karakter santri studi kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takahssus Banyuwangi Jawa Timur, yang mana ditulis untuk menjawab : Bagaimana konsep integrasi kurikulum pondok pesantren pada proses pembelajaran dalam pembentukan karakter santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi. Sumber data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu  sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah pernyataan dan tindakan dari orang-orang yang diamati atau yang diwawancarai yang dicatat melalui catatan tertulis atau melalui perekaman, Angket dan pengambilan foto.  Selebihnya adalah sumber data sekunder seperti tulisan/dokumen, foto dan statistik. Berdasarkan analisa data-data penelitian didapatkan kesimpulan bahwa : Pertama Implementasi integrasi kurikulum pada proses pembelajaran terhadap pembentukan karakter santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Takhassus Banyuwangi telah terbukti melahirkan generasi Qur’ani yang Hafizh Al Quran. Hal  ini dibuktikan dengan capaian hafalan masing masing santriwati dengan ragam kategori capaiannya. Kedua bahwa Implementasi integrasi Kurikulum di Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Takhassus Banyuwangi telah terbukti melahirkan generasi santri yang berjiwa pemimpin, tanggung jawab, jujur, amanah, toleransi dan memiliki keseimbangan orientasi hidup dunia dan akhirat. Ketiga hasil analisa angket bahwa Implementasi integrasi Kurikulum di Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Takhassus Banyuwangi  menunjukkan bahwa 70% dari responden telah menunjukkan adanya keberhasilan dari implementasi  integrasi kurikulum di Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Takhasssus Banyuwangi Jawa Timur. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan Pertama, kepada Manajemen Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Meningkatkan pemahaman holistik bagi guru-guru pengajar materi pendidikan nasional terhadap substansi materi yang diajarkanya. Kedua Meningkatkan penyediaan sarana dan prasana aktualisasi integrasi kurikulum, sarana anak-anak untuk dapat belajar dan tumbuh kembang dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Azyumardi Azra. (2001). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi menuju Milenium Baru. Jakarta: Penerbit Kalimah.

Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Abdul Majid dan Dian Andayani. (2011). Pendidian Karakter dalam Perspeektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Amin, Kitab Al Akhlak, (Mesir, Darul Kutub al mishriyyah, cet III)

Abdul Majid, Dian andayani. (20130. Pendidikan Karakter perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

A. Sonhadji. (1994). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Malang : Kalimasahada Press.

Bafadal. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bumi Aksara.

Dharma Kesuma dkk,. (2011). Pendidikan karakter; Kajian teori dan praktik disekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dakir. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyasa. (2011). Management pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Askara.

Hamka Abdul Aziz. (2012). Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati, Jakarta: AMP Press, Cet.3.

Haedar Nasir. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya, (yogyakarta: Multi Presindo.

Hamid yunus dalam Asmaran. (1992). Sistematika Etika Islam, Akhlak Mulia. Jakarta: Rajawali pers.

Harianti Diah. (2010). Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Kurikulum. Jurnal Akrab! Volume I Edisi 3/September/2010.

Imam ghazali, Ihya‟ Ulumudiin. DarulAkhya‟ Kutubul Arabiyah, t.t), juz III.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia)

Latifah Sri. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 3, No 2 (2014).

Lias Hasibuan. (2010). Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muhammad Ali,M.Pd,MA, Pengembangan Kurikulum Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum PAI Islam di Sekolah, Madarasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muchlas Samani, Hariyanto. (2011). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustaqim Muhamad. (2015). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pada Pembelajaran Di Pendidikan Dasar. ELEMENTARY Vol. 3 ∫ No. 1 ∫ Januari-Juni 2015.Qutni Darul. (2018). Efektivitas

Integrasi Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Di Smp Daarul Qur’an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an).Jurnal Tahdzibi Manajemen

Pendidikan Islam Volume 3 No 2 November 2018 P-Issn : 2502-9398 E-Issn : 2503-5126.

Rahman Khalid. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Terintegrasi Di Perguruan Tinggi Agama Islam. Journal Of Islamic Education Research | Vol. 2 No. 02 Desember (2021)

Doi:10.35719/Jier.V2i2.169 © 2021 Faculty Of Education And Teacher Training Institut Agama Islam Negeri Jember.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rustaman. (2001). Pengertian Pembelajaran menurut Para Ahli. Bandung: Bumi Aksara.

S. Nasution. (2006). Asas-asas Kurikulum. Bandung: Bumi Aksara.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Waridjan. (1991). Tes Hasil Belajar Gaya Objektif, (Semarang: IKIP Semarang Press, 1991)

Wina Sanjaya. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yahya Khan. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ