MENINGKATKAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE MOVIE LEARNING DI SDI AL – HUSAIN PENGASINAN DEPOK

Nelis Sriyulianti, Siti Shofiyah, Diah Mutiara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Metode pembelajaran yang tepat dalam menggali antusiasme siswa pada mata pelajaran PAI, serta menganalisis dampak dari metode pembelajaran guru pendidikan agama Islam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan spiritual, psikologis, pedagogis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang terdiri dari kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam, Sumber data sekunder adalah terdiri dari data dokumentasi penting yaitu, data guru, data peserta didik dan data sarana dan prasarana. penelitian yang utama adalah peneliti sendiri kemudian dikembangkan dengan menggunakan panduan pengamatan, wawancara, dan check dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di SDI Al – Husain Pengasinan Depok adalah strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran cooperative, strategi pembelajaran afektif dan strategi pembelajaran problem solving, yang didalamnya terdiri dari metode keteladanan, anjuran, Tanya jawab, diskusi, ceramah, pembiasaan, latihan, kerja kelompok, penugasan,panishment, reward. Adapun gambaran akhlakul karimah peserta didik dengan indicator penilaian yaitu keagamaannya, kedisplinannya, pergaulan, kebersihan dan tanggung jawab peserta ddidik. Adapun dampak dari strategi pembelajaran terhadap akhlakul karimah peserta didik sudah cukup baik yaitu peserta didik sudah mulai rajin ibadah, disiplin, bertanggung jawab, pergaulan serta pengembangan diri, walaupun belum mencapai sesuai yang diharapkan, sehingga strategi pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi yaitu dengan cara mencari staregi-startegi pembelajaran yang dapat lebih meningkatkan akhlakul karimah peserta didik.Implikasi dari penelitian ini adalah metode movie learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peningkatan antusiasme peserta didik di SDI Al – Husain Pengasinan Depok, secara teorotis cukup bagus, namun dampak tehadap akhlakul karimah peserta didik masih kurang, sehingga perlu pengembangan lebih dalam lagi. 


Full Text:

PDF

References


Aly, H. N. (n.d.). Ilmu Pendidikan Islam. Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu.

Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia (Sekolah Berbasis Multiple Inteligences di Indonesia). Bandung: PT Mizan Pustaka.

Hidayat, D. (2010). Strategi Belajar Mengajar dan Metode-metode serta Pemilihan Strategi Pembelajaran. Tasikmalaya: Ma'had Aly Persis Tasikmalaya.

Nisa, A. K. (n.d.). Penerapan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta Tahun ajaran 2009/2010. Skripsi Fakultas Pendidikan Islam (Tariyah) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Karimah, U., Shofiyah, S., Raja Bombay, K., Al Anshory, M., & Taufiqurrohman, H. (2022). Prespektif Calon Guru PAI dalam Membentuk Perkembangan Siswa dengan Guru BK. Conferences.Uinsgd.Ac.Id, 10. http://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1073

Uhbiyati, N. (1997). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Yulianti, A. (2019). Wawancara Pribadi. Depok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ