Persepsi Dan Preferensi Petani Tanaman Hias terhadap Penggunaan Pengkilap Daun (Leaf-Shine) Studi Kasus Kotamadya Depok.

Sukrianto Sukrianto, Dian Diani Tanjung, Ridwan Diaguna

Abstract


Tanaman hias daun lebih digemari dengan penampilan daun beranekaragam, mengkilat dan sangat estetik. Penggunaan senyawa pengkilap kerap dilakukan untuk meningkatkan penampilan daun agar lebih mengkilap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan preferensi petani tanaman hias di Kota Madya Depok terhadap penggunaan pengkilap daun. Penelitian dilakukan pada Juni sampai dengan Agustus 2023 di Kota Madya Depok.   Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui survei lapang dengan menyebarkan kuisioner kepada 32 responden di komunitas Asosiasi Aglaonema Nusantara (ASA) Kota Depok.   Tahapan penelitian; 1) Pembuatan kuesioner yang berhubungan dengan indikator persepsi dan preferensi dengan menyusun berbagai pertanyaan  untuk responden petani tanaman hias daun. 2) Menyebarkan kuesioner dengan tekhnik purposive sampling. 3) Data dianalisis dengan Analisis SEM PLS  (Partial Least Square) menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan R² variabel keputusan menggunakan sebesar 0,710 dengan kata lain kekuatan variabel persepsi dan preferensi dalam memprediksi keputusan menggunakan sebesar 71%.  R2 variabel persepsi sebesar 0,925 dengan kata lain kekuatan variabel sikap, respon, kecenderungan untuk bertindak, perilaku, pengetahuan, pemahaman, menganalisis, dan mempertimbangkan dalam memprediksi persepsi sebesar 92,5%. R2 variabel preferensi 0,375 dengan kata lain kekuatan faktor sosial, faktor lingkungan, dan faktor budaya dalam memprediksi preferensi adalah 37,5%. Kesimpulannya adalah faktor yang mempengaruhi persepsi petani terhadap produk pengkilap daun adalah sikap, persepsi, perilaku, pemahaman, analisis, dan pertimbangan. Sedangkan faktor sosial, budaya, dan lingkungan tidak terbukti dapat mendorong petani menggunakan pengkilap daun.    


Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. 2022. Preferensi petani terhadap penggunaan Varietas unggul padi di kelurahan Tamaona kecamatan tombolo Pao kabupaten gowa. [skripsi]. Universitas Muhammadiyah Makasar.

BPTP. 2007. Budidaya Tanaman Hias Daun Anthurium dan Aglaonema. Prima Tani Kota Yogyakarta

Bimo, Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi

Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2010) Consumer Behavior: Building Marketing Strategy.11th edition. McGraw-Hill, Irwin

https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/Persepsi konsumen

https://depokkota.bps.go.id/publication kota-depok- dalam-angka-2023.html

https://agrozine.id/bikin-tanaman-hias-kinclong-dengan-5-merek-kilap-daun-dan-serum-terbaik-berikut/

https://houseplantscorner.com/houseplants-care/make-plants-leaves-shine/

https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/4389/3864#:~Preferensi konsumen

Indarto.(2011). Preferensi Konsumen dan Factor Pengaruh Terhadap Konsumen.Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2000. Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan Jilid II, Edisi Kesebelas, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, (2008). Principles of Marketing, Edisi ke-12, Jakarta: Erlangga.

Maximum Yiled. 2021. Leaf Shine. [19 Nov 2021]. https://www.maximumyield.com/definition/3113/leaf-shine#:~

Mendelson, E., Cardona C.Z., and Ambrose, B.A. 2022. What is a leaf?, Biodiversity. Volume Article : 659623. Published; 31 March 2022. New York. United States.

Pertanian.go.id. Tips Merawat Anthurium. [13 April 2023]. (http://cybex.pertanian.go.id/detail-pdf.php?id=17541)

Robbins, Stephen P. 1999. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi Edisi ke 5. Jakarta : Erlangga

Sari PK, Rosanti D, Putri YP. 2022. Karakteristik morfologi jenis tanaman hias pekarangan rumah di Kelurahan Plaju Ulu Kota Palembang. Jurnal Indobiosains 4(1): 15-21.

Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. CAPS. Yogyakarta.

Thoha, M. 2003. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo. Persada. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ