Analisis Kepuasan Peserta Pelatihan Pertanian Organik terhadap Kinerja Lembaga Pelatihan The Learning Farm Indonesia

Dessy Iriani Putri, Lorenta In Haryanto, Henita Fajar Oktavia

Abstract


Jumlah masyarakat, khususnya generasi muda yang berkerja pada sektor pertanian di Indonesia dalam 10 tahun terakhir mengalami penurunan. Peran lembaga pelatihan pertanian diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas petani muda di Indonesia. Salah satu lembaga pelatihan pertanian yang telah berhasil meningkatkan keterampilan dan minat bertani generasi muda adalah The Learning Farm Indonesia. The Learning Farm Indonesia merupakan lembaga pertanian swasta nonprofit yang memberdayakan pemuda rentan di Indonesia, khususnya dalam bidang pertanian. Sebagai lembaga pelatihan pertanian swasta yang bersifat nonprofit, kepuasan pelanggan, dalam hal ini peserta pelatihan, merupakan prioritas dari capaian kinerja The Learning Farm Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan peserta pelatihan pertanian organik terhadap masing-masing komponen pelayanan kinerja The Learning Farm Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah metode Service Quality (SERVQUAL) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan bawa peserta pelatihan merasa sangat puas terhadap keandalan dan daya tanggap, merasa puas terhadap jaminan, dan merasa kurang puas terhadap bukti langsung dan empati layanan The Learning Farm Indonesia. Komponen layanan kinerja yang perlu ditingkatkan adalah fasilitas kamar dan penguasaan bidang fasilitator.


Full Text:

PDF

References


Aminullah. (2018). Analisis Tingkat Harapan dan Kepuasan terhadap Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Teknis Fungsional Guru Tingkat Madya IPS Madrasah Tsanawiyah. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 6(2), 1-45.

Baskoro, M. E. (2011). Analisis Kepuasan Peserta Terhadap Kualitas Pelatihan Divisi Product Quality Engineering PT. MEB Menggunakan Metode SERVQUAL. Skripsi. Universitas Indonesia, Jawa Barat, Indonesia.

[BPS] Badan Pusat Statistik. (2021). Penduduk 15 Tahun Ke Atas yang Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama 2011-2021 . Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Diharja, E. S. J. (2019). Pengaruh Fasilitas, Pemateri, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Diklat. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 2(1), 12-24.

Febriyanti, A.R., Utami, H.N., & Hakam, M.S. (2013). Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi dan Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) PG. Lestari Nganjuk). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(2), 158-167.

[KEMENTAN] Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya. Jakarta.

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallinda.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mokhtar, N.R., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi (Penelitian tentang Pelatihan pada Calon Tenaga Kerja Indonesia di PT Tritama Bina Karya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(6), 19-26.

Prasetyo, A. Y. D. (2023). Analisis Knowledge Management Dan Kompetensi Instruktur Terhadap Kepuasan Pelatihan Dengan Relasi Industri Sebagai Variabel Moderasi Pada LP3I Sidoarjo. Tesis. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya, Indonesia.

Susilowati, S. H. (2016). Fenomena Penuaan Petani dan Berkurangnya Tenaga Kerja Muda Serta Implikasinya Bagi Kebijakan Pembangunan Pertanian. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34(1), 35-55

Sumarno. (2020). Tingkat Kepuasan Peserta Pelatihan Pada Pelayanan Pelaksanaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian. Jurnal Agriwidya, 1(1), 102-118.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ