SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERLENGKAPAN LAS BERBASIS WEB PADA TOKO ONLINE TOKOLAS.ID

Asep Somantri, Rully Mujiastuti

Abstract


peralatan angkat dan aksesoris las lainnya. Untuk meningkatkan penjualan, bagian Marketing pada CV. Citra Harapan Jaya membuat Toko Online dengan nama Tokolas.id di Marketplace yang bertujuan untuk memanfaatkan potensi dan peluang yang ditawarkan oleh platform digital serta untuk meningkatkan visibilitas merek perusahaan di dunia maya. Pada prosedur yang berjalan terdapat beberapa kendala pembuatan surat jalan pengiriman barang dan pencatatan barang keluar masih dilakukan manual. Selain itu, untuk melakukan proses pembaruan data produk ke Marketplace, admin harus menyesuaikan data produk dengan templat pembaruan data produk yang disediakan Marketplace. Kendala yang dihadapi admin adalah ketika data produk yang perlu diperbarui harus menggunakan templat yang berbeda-beda, admin harus mengisi templat secara satu persatu. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi sebagai alternatif rekomendasi proses bisnis serta dapat melakukan konversi templat pada sistem untuk membantu dalam proses pembaruan data produk ke Marketplace. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode Waterfall. Pemodelan sistem yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML), dan Hierarchy Input Proses Output (HIPO). Hasil yang diperoleh dari pembuatan sistem informasi ini adalah sistem informasi dapat melakukan pengelolaan transaksi seperti pembuatan surat jalan pengiriman barang, invoice, pencatatan stok barang, serta dapat melakukan konversi templat untuk pembaruan data produk di Marketplace.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y., Pasha, D., Damayanti, D., & Setiawan, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.236

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048

Giyan A’yuni, S., Chusumastuti, D., Tinggi, S., Media, M., Mmtc, ", & Yogyakarta, ". (2021). Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee terhadap Minat Beli Masyarakat The Effect of User Interface of Shopee Application to People’s Buying Interest. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunika, 5, 49–58.

Hermansyah, H., Wahyuni, S., & Akbar, A. (2022). Perancangan Sarana Media Informasi Berbasis Web Desa Klambir Lima Menggunakan Metode Waterfall. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 515. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3803

Komalasari, D., & Seprina, I. (2018). Penerapan E-Commerce Pada Toko Mawar Songket Palembang Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Betrik, 9(01), 56–62. https://doi.org/10.36050/betrik.v9i01.31

Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurnia, I., & Firmansyah, D. (2020). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 13–23. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.78

Kusumo, A. T., Vito Triantori, & Ishak Komarudin. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Smooth-Tee dengan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 82–88. https://doi.org/10.51998/jsi.v10i2.422

Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie, 02, 50–59.

Mulyana, I., Prajuhana, A., & Iqbal, M. (2019). Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia : Teori dan Implementasi (Y. Suchyadi (ed.)). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pakuan.

Nurmi. (2016). Buku Teks Konsep Sistem Informasi. Suka Bina Express.

Puspita, R. (2020). Pengembangan Prototipe Aplikasi Community Aggregator Beskem dengan Pendekatan UCD Menggunakan Balsamiq Mockup dan Figma. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 189. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50587

Putri, A. D., Kuswoyo, H., Gulo, I., Ngestirosa, E., & Febrina, E. G. (2023). Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service, 4(1), 147–153. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2666

Sandikapura, M. T., & Sukendar, E. M. (2018). Sub Sistem Informasi Pembayaran Uang Semester di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Kencana Kampus 2 Tasikmalaya. Jurnal Teknik Informatika, 6(2), 41–50.

Simarmata, J., Taufiq, M. E., Sidik, J., & Saputra, R. W. (2020). Pengantar Manajemen Sistem Informasi. Yayasan Kita Menulis.

Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832

Sukamto, R. A. (2022). Analisis dan Desain Perangkat Lunak. Informatika.

Sukrianto, D., & Oktarina, D. (2019). Pemanfaatan Teknologi Barcode Pada Sistem Informasi Perpustakaan Di Smk Muhammadiyah 3 Pekanbaru. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 1(2), 136. https://doi.org/10.35145/joisie.v1i2.216

Surahman, R. (2022). Perancangan Sistem Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada Pt. Tunas Utama Komputer Bandung. INFOKOM (Informatika & Komputer), 9(2), 100–114. https://doi.org/10.56689/infokom.v9i2.656

Suryopratomo, A., & Jaelani, E. (2022). Digital Marketing Pengaruh Digital Marketing Dan Pilihan Produk Dalam Pengambilan Keputusan Minat Membeli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 14(1), 1–10. https://doi.org/10.37151/jsma.v14i1.83

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. October.

Wasiqi, N. C. (2022). Rancang bangun sistem informasi penjualan berbasis website (studi kasus: PT. Rajawali Atas Bumi). Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65580

Wati, E. F., & Kusumo, A. A. (2016). Penerapan Metode Unified Modeling Language ( UML ). UNSIKA Syntax Jyrnal Informatika, 5(1), 24–36.

Yulianto, E., & Mauluddin, A. (2019). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Customer (B2C) Pada Industri Garment. In Search, 18(01), 124–136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ