Perancangan Mekanisme Penggerak Pada Mesin Pengayak Pasir Dengan Alat Pengangkut Belt Conveyor

Muhammad Fauzan Apriandandy, Riski Hadi Saputra, Bambang Setiawan, Sulis Yulianto

Abstract


Pasir yang digunakan pada plester dinding bangunan harus memiliki kehalusan yang cukup untuk hasil plesteran yang halus. Untuk mendapatkan pasir yang halus dan memiliki ukuran seragam, perlu dilakukan pengayakan pasir. Pengayakan pasir secara manual membutuhkan waktu lama dan banyak tenaga, sehingga dilakukan pembuatan mesin pengayak pasir untuk mempersingkat waktu pengayakan. Penelitian difokuskan untuk merancang penggerak serta transmisi pada pengayak pasir dan alat pengangkut berupa Belt Conveyor. Metode penelitian dilakukan dengan mendesain mesin menggunakan software design Solidworks, melakukan perhitungan terhadap komponen yang akan digunakan, dan fabrikasi mesin. Mesin pengayak pasir digerakkan oleh motor berdaya 0,5 HP yang dihubungkan melalui transmisi sabuk-v dengan rasio 1:5 untuk memutar poros engkol dengan diameter eksentrik 5,5 cm. Belt Conveyor memiliki panjang 2 m dengan lebar 50 cm digerakkan oleh motor berdaya 1 HP yang dihubungkan melalui gearbox dengan rasio 1:20. Pengujian dari mesin pengayak pasir menunjukkan bahwa mesin dapat mengayak pasir seberat 25 kg dengan waktu rata-rata 1,79 menit pada kecepatan maksimum.


Full Text:

PDF

References


Allo, Nataniel Muttu, dan Surianto Buyung. 2021. Desain dan Pembuatan Mesin Pengayak Pasir Menggunakan Penggerak Motor Listrik. Sorong.

Bangun, Rancang, A. Yoddy, Giofani Nuhgraha, J. Samsi, Yoddy A. Nuhgraha, dan Giofani Samsi Jordi. 2021. Rancang Bangun Transmisi Pada Mesin Pengayak Pasir Otomatis. Vol. 15.

Dahlan, Dahmir. 2011. Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Citra Harta Prima.

Fattah, Fanni. 2017. Rancang Bangun Alat Pengayak Pasir Otomatis.

Ikzariadi, M. Fadly. 2015. “Rancang Bangun Alat Penghalus Main Journal Crankshaft.” Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Jayanti, Evi. 2014. Analisa Kebutuhan Daya Motor Induksi 3 Fasa Penggerak Belt Conveyor 5853-V di PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang. Palembang.

Khurmi, R. S., dan J. K. Gupta. 2005. Machine Design. Ram Nagar, New Delhi-110 055: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD.

Saleh, Agus, dan Thomas Ryan Hizkhia. 2021. Perancangan Transmisi Mesin Pengayak Pasir. Vol. 15.

Sateria, Angga, Eko Yudo, Zulfitriyanto, Sugiyarto, Rina Melati, Bimas E. Saputra, dan Ikhya Naufal. 2019. “Rancang Bangun Mesin Pengayak Pasir Untuk Meningkatkan Produktivitas Pengayakan Pasir Pada Pekerja Bangunan.” Teknologi Manufaktur 11.

Ses Eka Polonia, Betti, Hendri Kurniawan, Program Studi Pemeliharaan Mesin, dan Politeknik Negeri Ketapang. 2022. “Rancang Bangun Mesin Pengayak Pasir Otomatis.” Indonesian Journal of Mechanical Engineering 2.

Suga, Kiyokatsu, dan Sularso. 1991. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Wahab, Dearel Irhart. 2020. “Identifikasi Keretakan Crankshaft Diesel Generator di MV. Shanthi Indah.” Politeknik Ilmu Pelayaran, Semarang.

Zuhal. 2000. Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ