Identifikasi Kerusakan Dinding Penahan Tanah Pda Estuari Muara Jenggalu

Tommi Sanajaya, Meilani Belladona, Edito Dwiantoro

Abstract


Pada tahun 2015 dinding penahan tanah muara pasir putih masih berfungsi dengan baik tetapi di tahun 2019 mengalami kerusakan. Dulu hanya memiliki lebar sekitar 50-60 m saja, tetapi sejak tahun 2019 estuari muara pasir putih mengalami pelebarandari 50 m menjadi 106 m. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kerusakan pada dinding penahan tanah yang berada di muara pasir putih Kecamatan Gading Cempaka. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode pengamatan langsung di lapangan dan metode wawancara langsung pada masyarakat sekitar lokasi penelitian. Kerusakan dinding penahan tanah diakibatkan kekuatan arus dan gelombang (pasang kedua) yang masuk dengan debit (Q) 19.03872  m3/dt, (meter kubik perdetik). Ketika pasang kedua mulai berjalan sekitar 1-2 jam, gelombang mulai masuk ke leher muara dengan kekuatan arus (V) 0.67 m/dt (meter perdetik). Sehingga gelombang terus menerus menghantam dinding penahan tanah pada muara pasir putih selama pasang berlangsung, dan kejadian ini akan terulang kembali pada hari berikutnya setiap pasang kedua berlangsung. Berdasarkan hasil pengelolahan data dan analisis, maka disimpulkan bahwa kerusakan dinding penahan tanahdisebabkan oleh debit yang masuk ke muara sebesar 19.03872 Qm3/dt, (meter kubik perdetik), Ketinggian gelombang kecil (alun) yang terjadi di muara pasir putih memiliki rata-rata 1.93 meter dengan periode waktu selama 6 detik dalam satu gelombang, gelombang besar 1,3 meter dengan periode waktu selama 7 detik dalam satu gelombang, gelombang angin 0,85 meter dengan periode waktu selama 3,5 detik dalam satu gelombang dan kecepatan arus sebesar 0.67 m/s. Jenis kerusakan yang terjadi pada dinding penahan tanah termasuk kategori rusak berat.


Full Text:

PDF

References


Eryani, I. 2014. “Potensi Air Dan Metode Pengelolaan Sumber Daya Air Di Daerah Aliran Sungai Sowan Perancak Kabupaten Jembrana.”

hamdini. kasman. 2017. “Studi Pola Aliran Di Muara Sungai Dengan Bangunan Dasar Type Persegi Panjang.”

Lolong, Maxi, and Jendry Masinambow. 2011. “Hidro Oceanografi Pantai ( Study Kasus Pantai Inobonto ).”

Nindita, Arli. 2019. “Alternatif Perlindungan Tanggul Jalan Pesisir Pantai Di Kabupaten Bantaeng.”

Nur Khuzaimah HR. 2020. “Tugas Akhir Tugas Akhir.” Studi Penyebaran Sedimen Muara Sungai Jeneberang

Putri, Pangestika Indiani, M. Ihsan Jasin, and Fuad Halim. 2018. “Analisis Karakteristik Gelombang Di Teluk Amurang Kabupaten Minahasa Selatan.”

Sahalessy, Garry Leonardo, Tommy Jansen, Jeffry D. Mamoto, and Ratulangi Sam. 2018. “Pemodelan Arah Arus Air Laut Di Pantai Moinit Selatan.”

Setiawan, Edi. 2019. “Transpor Sedimen Di Sungai Asem Gondok (Studi Kasus: Ruas Tremas-Arjosari-Nawangan).”

Sugkhiro, Mawaddah. tri rohmah romadhoni. 2020. “Perencanaan Saluran Irigasi Daerah Irigasi Rawa Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Kota Palembang.”

Ulfa, R., N. Chayati, and F. Hariati. 2021. “Evaluasi Stabilitas Dinding Pengaman Tebingan Saluran Irigasi Cadasngampar Ruas Sdn 02 Cikeas.”

Ulum, Miftahul, Ardi Noerpamoengkas, Ahmad Anas Arifin, and Hanif Darmawan Firmansyah. 2021. “Studi Eksperimental Pengaruh Kecepatan Engkol Dan Variasi Diameter Disk Terhadap Amplitudo, Frekuensi Dan Daya Pada Mekanisme Pembangkit Gelombang.”

Usman, Kurnia Oktavia. 2014. “ANALISIS SEDIMENTASI PADA MUARA SUNGAI KOMERING KOTA PALEMBANG Kurnia Oktavia Usman*********.”

Utami, Tri, Ofik Taufik Purwadi, and Gatot Eko Susilo. 2016. “Desain Penampang Sungai Way Besai Melalui Peningkatan Kapasitas Sungai.”

Wakkary, Anggi Cindy, M. Ihsan Jasin, and A. K. T. Dundu. 2017. “Studi Karakteristik Gelombang Pada Daerah Pantai.” Studi Karakteristik Gelombang Pada Daerah Pantai

windows user. 2017. “


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ