RANCANG BANGUN UNIT MESIN INJECTION MOULDING UNTUK PEMBUATAN KLOSAN BENANG KAPASITAS 1pcs/SIKLUS SKALA UMKM

Sahrul Feriansyah, Sulis Yulianto, Wiwid Widyantoro, Windarta Windarta

Abstract


Indonesia saat ini menghadapi tantangan serius dalam pengelolaan sampah, dengan jumlah timbunan sampah mencapai angka yang mencengangkan, yaitu 33 juta ton pada tahun 2020. Dari jumlah tersebut, sekitar 17,12% adalah sampah plastik, yang menjadi sumber masalah lingkungan yang mendalam. Salah satu inisiatif penting yang dicanangkan adalah pemanfaatan limbah plastik tipe PP (Polypropylene) untuk produksi cone benang daur ulang, sesuai dengan prinsip-prinsip program 3R yang berfokus pada pengurangan, penggunaan kembali, dan daur ulang.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakteristik mekanis dan massa dari cone benang yang dihasilkan dari bahan PP daur ulang. Langkah ini memiliki potensi besar untuk mengurangi limbah plastik dan mendukung penggunaan yang lebih berkelanjutan dalam industri. Proses perancangan alat ini melibatkan perhitungan yang relevan dan analisis pemilihan bahan serta proses yang optimal. Alat ini didesain dengan memanfaatkan teknologi injection moulding untuk produksi cones benang plastik.Batasan masalah penelitian ini mencakup perhitungan kekuatan pada rangka alat, pemilihan bahan dalam pembuatan alat, serta desain alat injection moulding yang spesifik untuk pembuatan cones benang. Hasil perancangan alat cone benang menunjukkan bahwa alat ini mampu menampung beban hingga 51,9 kg pada rangka, menghasilkan produk cone benang dengan baik pada suhu lelehan 180°C, memiliki tingkat kelenturan rangka yang rendah, dan memiliki laju aliran lelehan plastik yang sesuai. 


Full Text:

PDF

References


Hutama AS. Studi Pemanfaatan Limbah Material Polypropilene (PP) untuk Pembuatan Produk Cone Benang dengan Penambah Material Kalsium Karbonat. J Rekayasa Sist Ind [Internet]. 2022 Apr 26;11(1):101–8. Available from: https://journal.unpar.ac.id/index.php/jrsi/article/view/5288

Yulianto I, Rispianda, Prassetiyo H. RANCANGAN DESAIN MOLD PRODUK KNOB REGULATOR KOMPOR GAS PADA PROSES INJECTION MOLDING. J Online Inst Teknol Nas. 2014;02(03):3.

Wijaya gilang sukma. perencanaan dan perancangan konstruksi mesin pembuat batu bata berbahan pulp dengan kapasitas 20kg/proses. 2021.

Kuntoro S, Kabib M. analisis kekuatan dies frame link pada mesin roll pipa 2 in penggerak hidrolik dengan metode elemen hingga. J simetris. 2018;9(2):944.

Sibarani M, Allann muhammad piky, Santika putu m. Perancangan unit Extruder pada Mesin Extrusion Lamination Flexible Packaging. J Tek mesin. 2018;2(2):43–4.

Ritonga din aswan a, Sarjana, Sandi rahmad dwi. PERANCANGAN MESIN PRODUKSI PELET TERAPUNG. J Ilm Teknol. 2022;10(2):93.

Mahmudi H. Analisa Perhitungan Pulley dan V-Belt Pada Sistem Transmisi Mesin Pencacah. J Mesin Nusant [Internet]. 2021 Jul 20;4(1):40–6. Available from: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/JMN/article/view/16201


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ