Strategi Product Bundling Dengan Pendekatan Market Basket Analysis dan Cost Plus Pricing Pada Kedai Kopi

Renaldi Guntur Ramdhani, Mohamad Jihan Shofa, Farid Wajdi, Sahrupi Sahrupi

Abstract


Persepsi positif konsumen terhadap produk merupakan faktor penting dalam kesuksesan penjualan. Pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan dan mempertahankan pelanggan menjadi salah satu strategi dalam keberhasilan suatu usaha. Buna Indonesia, sebuah perusahaan kopi belum memiliki strategi pemasaran yang efisien dan efektif dan tidak memiliki pengetahuan mengenai preferensi dan kebutuhan pelanggan mereka. Selain itu, proses transaksi Buna Indonesia dilakukan secara manual sehingga memiliki banyak data arsip penjualan minuman. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data transaksi penjualan menggunakan metode Market Basket Analysis untuk memberikan informasi pola pembelian produk dan metode Cost Plust Pricing untuk menentukan harga jual yang tepat untuk strategi pemasaran Product Bundling. Product Bundling adalah strategi pemasaran dua atau lebih produk digabungkan dalam satu paket untuk meningkatkan value dan menarik pelanggan yang membutuhkan kepraktisan. Cost Plus Pricing (CPP) adalah suatu metode penetapan harga di mana harga jual suatu produk atau layanan ditentukan dengan menambahkan margin ke atas biaya produksi atau biaya yang terlibat dalam penyediaan produk atau layanan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan dengan memanfaatkan arsip data transaksi yang dimiliki menggunakan Market Basket Analysis mendapatkan informasi penting mengenai aturan asosiasi terbaik yaitu produk yang tepat untuk dijadikan bundling 2 produk dan bundling 3 produk, sedangkan dengan metode Cost Plus Pricing mendapatkan harga yang tepat untuk bundling 2 produk seharga Rp.110.000 dan bundling 3 produk seharga Rp.150.000.


Full Text:

PDF

References


Alfiah. (2022). "Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk (Studi Kasus : Data Transaksi Penjualan Toko Sukma)". Journal of Mathematics and Science Vol. 1 No. (3), 84-93. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38876

Armstong, Kotler, & Opresnik. (2009). "Marketing Introduction". New Jersey: Pearson Education Inc.

Azizah, & Prasetio. (2019). "PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DI INSTAGRAM, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN". Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 3 No. (2), 348 - 359. Retrieved from http://journalfeb.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/506

Brien, & Shaffer. (2018). "Tying, Bundling, and Double Marginalization". Theory Ejournal Vol. 12 No. (3), 2 - 4. Retrieved fromhttps://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3165280

Choi, & Chen. (2019). "The Effects Of Discount Pricing And Bundling On The Sales Of Game As A Service: An Empirical Investigation". Journal of Electronic Commerce Research Vol. 20 No. (1), 21-34. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/332108592_The_effects_of_discount_pricing_and_bundling_on_the_sales_of_game_as_a_service_An_empirical_investigation

Erlisa. (2018). "Market Basket AnalysisPada Mini Market Ayu Dengan Algoritma Apriori". Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi Vol.2 No. (2), 472 - 478. Retrieved from https://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/280

Fitrah, & Rezandra. (2015). "PENENTUAN HARGA JUAL MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICING DENGAN PENDEKATAN VARIABEL COSTING". Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol. 3 No. (11), 25-33. Retrieved from https://adoc.pub/penentuan-harga-jual-menggunakan-metode-cost-plus-pricing-de.html

Handayani, & Ghofur. (2019). "PENERAPAN COST PLUS PRICING DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PADA UD. LYLY BAKERY LAMONGAN". Jurnal Akuntansi Vol. 15 No. (1), 42 - 47. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/346548422_PENERAPAN_COST_PLUS_PRICING_DENGAN_PENDEKATAN_FULL_COSTING_DALAM_MENENTUKAN_HARGA_JUAL_PADA_UD_LYLY_BAKERY_LAMONGAN

Harahap. (2021). "Product Bundling : Momentum Meningkatkan Penjualan Saat Pandemi". Harian Pelita Vol. 1 No. (1), 1 - 2. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/352558053_Product_Bundling_Momentum_Meningkatkan_Penjualan_Saat_Pandemi

Moffit. (2017, July 3). Introduction to Market Basket Analysis in Python. Retrieved from Practical Business Python: https://pbpython.com/market-basket-analysis.html

Noviasari, & Alamsyah. (2020). "Peranan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pendekatan Full Costing Dalam Menentukan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Studi Kasus pada UMKM Sepatu Heriyanto". Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan Vol. 8 No. (1), 17-26. Retrieved from https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jiakes/article/view/287

Nurtjahjani, Pribadi, Dhakirah, Batubulan, & Firdausi. (2023). "PEMBUATAN STRATEGI PROMOSI MELALUI DIRECT SELLING DAN MARKETING CREATIVE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ANYAMAN BAMBU". Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4 No. (1), 20 - 28. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/367364147_PEMBUATAN_STRATEGI_PROMOSI_MELALUI_DIRECT_SELLING_DAN_MARKETING_CREATIVE_UNTUK_MENINGKATKAN_PENJUALAN_PRODUK_ANYAMAN_BAMBU

Oktriwina. (2022, November 23). Sales. Retrieved from Glints.com: https://glints.com/id/lowongan/product-bundling-sales/

Pramana, Yuniatro, Mariyah, Santoso, & Nooraeni. (2018). Data Mining dengan R . Jakarta: IN MEDIA.

Raja, Nagwanshi, Kumar, & Laxmi. (2022). Data Mining and Machine Learning Applications. Mumbai: Scrivener Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ