ANALISIS DAN DESAIN PORTAL DIGITAL MARKETING I PARADISO BERBASIS WEB

Rully Mujiastuti, Mirza Sutrisno, Ardiansyah Dores, Kurniawan Faisal, Izzudin Al Qossam Maududi

Abstract


Portal Digital Marketing I Paradiso dikembangkan pada basis level UMKM dengan menggunakan media sosial grup whatsapp. Dalam kegiatannya I Paradiso melakukan kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seorang admin. Kegiatan tersebut antara lain mengirimkan katalog produk dan konten promosi ke grup whatsapp setiap hari, memberikan penjelasan dan edukasi bisnis kepada reseller-dropshipper, menangani komplain dan memberikan informasi terkait hal-hal yang ditanyakan reseller. Di luar grup whatsapp admin melakukan proses transaksi seperti menerima pesanan dari reseller melalui personal chat whatsapp. Dari kegiatan bisnis di atas, muncul beberapa permasalahan, di antaranya kesalahan perhitungan transaksi, terjadinya penumpukan katalog sehingga lambat dalam merespon calon pembeli dan terjadi kesalahan pengiriman pesanan. Tujuan penelitian ini adalah membuat analisis dan desain portal digital marketing berbasis web yang dapat dikembangkan menjadi sebuah aplikasi dan membantu koneksi antara I Paradiso, reseller dan customer dalam bertransaksi. Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD). Sementara perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML), perancangan data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD), perancangan tampilan dengan menggunakan User Interface (UI) dan perancangan pengkodean menggunakan diagram Hierarchy Input Process Output (HIPO). Hasil yang diperoleh berupa hasil analisis, hasil desain sistem dari portal digital marketing berbasis web, dan hasil rancangan pengkodean


Full Text:

PDF

References


Achmad Romadlon, R. M. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM KAWAII COKLAT). Proceeding SENDIU 2020 (pp. 701-707). Semarang: Universitas Stikubank Semarang.

Andrasto, T. (2013). Pengembangan Sistem Database Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Unnes . Jurnal Teknik Elektro.

Aswati, S. &. (2016). Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan). Sesindo, 317-324.

Dedi Purwana ES., R. S. (2017). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN MALAKA SARI, DUREN SAWIT. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1-17.

Hendini. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). Khatulistiwa, 107-116.

Maya Anjeli Siadari, A. A. (2020). Sistem Informasi Kearsipan Pegawai Pada Bagian Umum Kantor Walikota Pematangsiantar. SAINTEKS 2020 (pp. 261-265). Palembang: Bina Darma.

Mellyan. (2020). SOCIAL MEDIA MARKETING; STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ERA DIGITAL (Studi Analisis Portal TaniFund.com) . At- Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 21-44.

Muhammad Aditya, S. H. (2022). Perancangan Aplikasi Repository Skripsi Universitas Amir Hamzah Berbasis Web. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 589-598.

Rian, H. (2014). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JASA SERVIS. LENTERA ICT, 1-29.

Wahyu Indra Satria, Y. H. (2021). Definisi Sistem Portal Pengetahuan Dalam Pemerintahan Berdasarkan Pendekatan Modifikasi Soft System Methodology dan Hermeneutic. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jikes/article/download/518/704/, 61-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ