Strategi Pemeliharaan Berdasarkan Kondisi Fungsional Jalan Menggunakan Metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Dan International Roughness Index (IRI) Dengan Aplikasi Roadroid
Abstract
Prosedur pengukuran di lapangan untuk nilai IKP menggunakan alat meteran untuk mengetahui luasan kerusakan dan pengelompokkan tingkat kerusakan kemudian dianalisis dengan standar Penentuan IKP, Pd 01-2016-B. Nilai IRI diperoleh dengan menggunakan aplikasi roadroid, kemudian dilakukan analisis untuk menentukan kondisi dan kelayakan serta jenis perbaikan yang dibutuhkan sesuai permen PU No 13 Tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IKP Jalan AMD Lintas Timur Pandeglang untuk lajur kiri persentase tertinggi sebesar 55% pada rating baik, 20% pada rating sedang, 10% pada rating parah, jelek, dan 5% pada rating baik. untuk lajur kanan persentase tertinggi sebesar 30% pada rating jelek, 20% pada rating sedang dan baik, 15% pada parah, 10% pada rating sangat baik, dan 5% pada rating hancur. Nilai IRI pada lajur kiri dengan persentase 65% baik, 30% kondisi sedang, 5% kondisi rusak berat, sedangkan pada lajur kanan dengan persentase masing-masing adalah 80% kondisi baik, 10% kondisi sedang, 5% kondisi rusak ringan dan 5% kondisi rusak berat. Program penanganan kondisi jalan untuk ke dua arah dengan analisis permen PU No 13 Tahun 2011 yaitu perlu dilakukan pemeliharaan rutin/berkala.
Full Text:
PDFReferences
Eriyanto, Agus Juara, S.T., M. . (2021). Analisis Kerusakan Ruas Jalan Patean - Weleri Kabupaten Kendal Menggunakan Metode Pavement Condition Index ( Pci ) Dan Metode Road Condition Index ( Rci ). Teras, 11(4), 31–38.
Febryawan, I. (2017). Evaluation of Pavement Condition Based on Pci and Rci Value on Km 11-Km 12, 5 Magelang Road, Magelang District. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4782
Ing, T. L., & Riana, S. (n.d.). Analisis Kondisi Permukaan Perkerasan Jalan Pada Jalan Lemahneundeut Dengan Metode Pci Dan Rci. 15(April 2019), 36–45.
Sari, D., Sukmawati, S., & Hasanuddin, A. (2019). Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode PCI ( Pavement Condition Index ) dan Metode IRI ( International Digital Repository Universitas Jember. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Lingkungan, Vol. 3; N(September 2019), 113–122.
Umi, T., Setyawan, A., & Suprapto, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) Dan Pavement Condition Index (PCI) untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek,1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/685
Peraturan Pemerintah Pekerjaan Umum RI, 2011, Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan (No. 13/PRT/M/2011), BAB VII, Menteri Pekerjaan Umum, Jakarta.
Sukirman, S., 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung.
Kementrian PUPR. (2016). Penentuan indeks kondisi perkerasan (IKP).
Pemerintah Indonesia. 2022. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.” Pemerintah Indonesia (134229): 77.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================