PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT WIRAUSAHA (STUDI KASUS KARANG TARUNA RW.010 KEL.SAWAH,CIPUTAT, TANGSEL

Authors

  • Djoko Hananto Manajemen, Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Daman Sudarman Manajemen, Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mulyati Mulyati Manajemen Retail, Ekonomi Bisnis, Universitas Raharja

Abstract

Jumlah penduduk di Indonesia yang banyak serta terbatasnya dari lapangan pekerjaan akan membuat tingkat pengangguran tinggi. Sebagai solusi dari penggangguran yaitu dengan menjadi wirausaha. Faktor motivasi dan faktor lingkungan keluarga menjadi bagian yang akan diteliti guna menumbuhkan minat kewirausahaan bagi remaja yang ada dikarang taruna RW.010, kelurahan Sawah, CIputat, TangSel. Dengan pendekatan kuantitativ dengan data primer melalui survey dengan menggunakan 56 responden yang merupakan angggota dari remaja karang taruna di RW.10 kelurahan Sawah, kecamatan Ciputat, kota TangSel. Hasil dari pengolahan data yang dilakukan dengan SPSS, didapat faktor motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat wirausaha, faktor lingkungan keluarga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat wirausaha, dan faktor motivasi dan lingkungan keluarga secara Bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat wirausaha. Dimana faktor motivasi dan lingkungan keluarga hanya mempengaruhi sebeswar 20 % sedang sisanya sebesar 80% yang mempengaruhi minat wirausaha seperti lingkungan masyarakat, prasarana dan sarana, kebutuhan  

Author Biographies

Djoko Hananto, Manajemen, Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Manajemen, Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Daman Sudarman, Manajemen, Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Manajemen, Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mulyati Mulyati, Manajemen Retail, Ekonomi Bisnis, Universitas Raharja

Manajemen Retail, Ekonomi Bisnis, Universitas Raharja

References

Buchori Alma. (2011). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. M200. Medan.

Hamdani, Entrepreneurship: Kiat Melihat & Memberdayakan Potensi Bisnis, (Jogjakarta: Starbooks, 2010), hlm. 44

Mufidah, Psikologi Keluarga Berwawasan Gender ( Malang : UIN-Malang Press, 2008 ),37

Nana Herdiana A., Manajemen Bisnis Syariah & Kewirausahaan, (Bandung: Pustaka Setia, 2015), 158

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,(Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 180

William Bygrave & Andrew Zacharakis, Entrepreneurship, (Wiley, 2011)Hlm 8-9

https://journal-stiehidayatullah.ac.id/index.php/tadbir/article/view/98/86

https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/36/43

Downloads

Published

2023-10-26