Pengaruh Pelarut, Resin, dan Release Agent pada Pembuatan Tinta Spidol Berbahan Baku Arang Tempurung Kelapa

Rachma Tia Evitasari, Rimadina Sukmasuci Lestari, Dwi Ayu Ningtyas

Abstract


Salah satu kebutuhan penting dalam kegiatan pembelajaran adalah spidol, dimana spidol berfungsi sebagai alat bantu menulis yang pada umumnya digunakan pada whiteboard atau papan tulis yang lain. Tinta spidol memiliki kandungan yang beragam seperti resin, release agent, solvent, dan pigmen warna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui formulasi dalam pembuatan tinta spidol dengan memanfaatkan limbah tempurung kelapa sebagai bahan baku utama yang ramah lingkungan. Variasi solvent yang digunakan yaitu Etanol 70%, Isopropil Alkohol, dan Minyak Parafin. Variasi resin yang digunakan yaitu gum arab dan gum guar. Sedangkan untuk variasi release agent yang digunakan adalah PEG dan gliseril stearat. Tahap proses pembuatan tinta spidol ini diantaranya meliputi persiapan bahan baku tempurung kelapa, penghancuran dan penghalusan tempurung kelapa lalu disaring dengan ayakan 100 mesh, formulasi dan variasi bahan untuk mendapatkan tinta spidol yang memilki kualitas serta karaktersitik yang baik, kemudian dianalisis untuk mengetahui densitas, viskositas, dan pigmen warna hitam yang didapatkan dari tinta spidol. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, variasi bahan pada pembuatan tinta spidol didapatkan hasil bahwa inta yang memilki kualitas terbaik berdasarkan uji pigmen warna pada variasi etanol, gum arab, dan PEG.


Full Text:

PDF

References


Annova, I. T., dan Muchtar, H. (2017). Pemanfaatan gambir sebagai bahan dasar pembuat titna spidol ramah lingkungan. Jurnal Litbang Ind. vol. 7, no. 2, hal. 101.

Assifa, F. W., dan Haryanto. (2020). Pengaruh variasi massa PEG dan volume alkohol pada uji viskositas dan uji organoleptik pada tinta organik dari kulit buah naga. Teknik Kimia : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Budiarto, H., dan Adiwarna. (2013). Pengaruh konsentrasi gliserin terhadap viskositas dari pembuatan pasta gigi cangkang karang darah. Jurnal Konversi. vol. 2, no. 2, pp. 13-22.

Imani, L., dan Haryanto, H. (2020). Pengaruh variasi volume pewarna dan massa gum arab pada kecepatan pengeringan dan viskositas tinta dari kulit buah naga. Jurnal Envirotek. vol. 12, no. 1, pp. 51-55.

Kaur, A., Shevkani, K., Singh, N., Sharma, P., Kaur, S. (2015). Effect of guar gum and xanthan gum on pasting and noodle-making properties of potato, corn and mung bean starches. Journal of Food Science and Technology. vol. 52, no. 12, pp. 8113-8121.

Lestari, I. A., Fitriyana, Padmawati, Y. (2021). Pengaruh variasi volume etanol pada pembuatan tinta spidol whiteboard menggunakan pewarna eksrak kulit buah rambutan. Jurnal Teknik Kimia Vokasional. vol. 1, no. 1, pp. 31-37.

Rahayu, S., dan Fatimah, S. (2021). Pengaruh variasi konsentrasi karbon tempurung kelapa terhadap karaktersitik tinta spidol whiteboard ramah lingkungan. J. Kartika Kimia. vol. 4, no. 2, pp. 77-82.

Rengganis, A. P., Suhadi, S., Darsono, T., Fajar, D. P. (2017). Fabrikasi tinta spidol whiteboard berbahan dasar pigmen organik dari endapan minuman kopi. In Universitas Negeri Jakarta. P. SNF2017 MPS105-SNF2017-MPS-112.

Rengganis, A.P, Yulianto, A., Yulianti, I. (2017). Pengaruh variasi konsentrasi arang ampas kopi terhadap sifat fisika tinta spidol whiteboard. Jurnal MIPA. vol. 40, no. 2, pp. 6-92.

Setiawati, E., dan Suroto. (2010). Pengaruh bahan aktivator pada pembuatan karbon aktif tempurung kelapa. J Ris Ind Has Hutan. vol. 2, no. 1.

Yulianto, B., Kurnia, G., Jamari, J., Bayuseno, A. (2019). Design of eco friendly pen made of coconut shell waste. E3S Web Conf. vol. 125, pp. 8-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ