Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi

Ratna Dewi Kartikasari, Aida Sumardi, Pheni Cahya Kartika, Septiana Tanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat modul Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi yang dapat digunakan oleh mahasiswa program studi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, berdasarkan pengembangan flipbook. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Tahapan pengembangan penelitian meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk, dan pengembangan desain produk. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul diawali dengan (1) melakukan penelitian lapangan dan literatur dengan melakukan observasi  kelas serta mempelajari teori dan temuan penelitian yang relevan; (2) perencanaan produk dengan meninjau materi kurikulum, pengajaran membaca, dan pengorganisasian materi; dan (3) mengembangkan desain produk modular dan mengubahnya menjadi modul virtual.


Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37–44.

Asih, D. R., & Sabatari, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Promosi Statis di SMK Negeri 1 Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Delianti, P. I., & Jalinus, N. (2020). Efektivitas e-modul berbasis project based learning pada mata kuliah pemrograman visual. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 3(2), 109–113.

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswatı, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan E-Modul Logıka Matematıka Dengan Heyzıne untuk Menunjang Pembelajaran dı SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80.

Hanum, F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., & Hasibuan, M. N. S. (2020). Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Education and Development, 8(3), 33.

Musfiqon. 2020. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nugraheni, A. S., & Putri, R. D. P. (2021). ONLINE LEARNING PATTERNS FOR INDONESIAN LESSONS DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 6(3), 134–142.

Sa’diyah, Kamilatus. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Berbasis Digital Flipbook untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 3, Nomor 4. Halaman 1299.

Wayan, F. N., Putu, A. I. B., & Ayu, P. B. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Materi Sistem Koordinasi Berorientasi budaya lokal Pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9(2), 103–115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ