Analisis Dinamika Tantangan dan Peluang Carbon Exchange dalam Upaya Pengurangan Emisi Karbon di Dunia

Norsyifa Norsyifa, Andi Bintang Toar Dondok, Bambang Cahya Ramadhan

Abstract


Terjadinya perubahan iklim secara ekstrim dalam lingkup global yang disebabkan oleh aktivitas sektor industri sebagai penyumbang emisi terbesar telah mendorong negara-negara di seluruh dunia untuk berupaya menangani dan mengendalikan dampak krisis iklim global salah satu tindakannya ialah melalui carbon exchange untuk mengurangi dampak emisi karbon secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika tantangan bagi negara-negara di dunia dalam menerapkan carbon exchange. Selain itu, penelitian ini juga mendiskripsikan peluang bagi negara-negara di dunia dalam penerapan carbon exchange dan juga efektivitas carbon exchange dalam mengurangi emisi karbon hingga mencapai target Net Zero Emission. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi analisis komparatif di beberapa negara. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan studi pustaka dari berbagai literatur. Dalam penelitian ini menunjukkan carbon exchange memiliki tantangan isu serius dalam upaya pengurangan emisi karbon dunia sehingga keputusan instrument carbon exchange yang akan diterapkan perlu disesuaikan dengan kebutuhan negara masing-masing. Secara garis besar, kebijakan sistem carbon exchange memiliki potensi yang besar dalam mencapai Net Zero Emission di masa yang akan datang sehingga akan terus berlanjut dan banyak negara lainnya yang juga mempertimbangkan dan merencanakan untuk menerapkan mekanisme carbon exchange sebagai upaya reduksi emisi karbon dalam upaya mengurangi emisi karbon sehingga dapat memitigasi perubahan iklim.


Full Text:

PDF

References


Carton, W., siyanbi, A., Beck, S., Buck, H. J., & Lund, J. F. (2020). Negative emissions and the long history of carbon removal. WIREs Climate Change.

Fa’iz, F. S. (2018). Keberhasilan Ratifikasi Amerika SerikatTiongkok atas Paris Agreement dalam Meningkatkan Legitimasi Rezim Mitigasi Global Climate Change. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 7(2), 124-138.

Irama, A. B., & SE, M. (2020). Perdagangan Karbon di Indonesia: Kajian Kelembagaan dan Keuangan Negara. Info Artha, 4(1), 83-102.

Li, C., et al. (2022). Insulating materials for realising carbon neutrality: opportunities, remaining issues and challenges. High Volt. 7(4), 610–632.

MJ, N. A.M Putra, A.K., & Sipahutar, B. (2023). Perdagangan Karbon: Mendorong Mitigasi Perubahan Iklim Diantara Mekanisme Pasar Dan Prosedur Hukum. Jurnal Selat, 10(2), 91-107.

Reza, I. F. & Yulianto, D. (2017). Evaluasi terhadap karbon di dunia maju dan berkembang: sebuah usaha dalam kebijakan pembangunan lingkungan. PARADIGMA: Jurnal Ilmu Administrasi, 4(1), 113-138.

Suraci, Justin P., Farwell, Laura S., Littlefield, Caitlin E., Freeman, Patrick T., Zachmann, Luke J., Landau, Vincent A., Anderson, Jesse J., and Dickson, Brett G.. 2023. “ Achieving Conservation Targets by Jointly Addressing Climate Change and Biodiversity Loss.” Ecosphere 14(4): e4490.

World Bank Data, Carbon emissions. Retrieved October 7, 2023. Website:https://databank.worldbank.org/databases/page/1?qterm=carbon%20emission

Yakin, A. (2015). Prospek dan tantangan implementasi pasar karbon bagi pengurangan emisi deforestasi dan degradasi hutan di kawasan ASEAN. In Paper disampaikan pada Seminar Nasional “Optimalisasi Integrasi Menuju Komunitas ASEAN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ