PENGGUNAAN THE DUDE DAN TELEGRAM UNTUK APLIKASI SISTEM MONITORING JARINGAN KOMPUTER

Jiro Motohashi, Johannes Hamonangan Siregar

Abstract


Penggunaan teknologi jaringan pada masa kini telah menjadikan dunia semakin terhubung dan menjadi kebutuhan untuk menyelesaikan pekerjaan. Untuk itu monitoring dan manajemen jaringan komputer menjadi aspek penting dalam menjaga kinerja jaringan yang optimal dan mengatasi potensi masalah dengan segera melalui notifikasi informasi. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi sistem monitoring jaringan yang memanfaatkan apliksi perangkat lunak The Dude dan Telegram secara real-time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan sistem yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan dan implementasi. Perangkat lunak The Dude digunakan untuk monitoring jaringan, sedangkan untuk penyampaian informasi menggunakan aplikasi perangkat lunak berbasis pesan instan yaitu aplikasi Telegram. Hasil penelitian ini adalah terbuatnya aplikasi sistem monitoring jaringan komputer yang dapat berjalan dengan menggunakan alat bantu perangkat lunak the Dude dan Telegram. Melalui aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi preferensi notifikasi sesuai dengan kebutuhan, seperti pemberitahuan sehubungan dengan kecepatan jaringan, kualitas sinyal, atau potensi ancaman keamanan. Dengan bantuan The Dude dan Telegram, aplikasi ini dapat memantau dan mendeteksi perubahan signifikan dalam kinerja jaringan, yang memungkinkan untuk tindakan yang cepat dan tepat guna. Kesimpulan penelitian ini yaitu aplikasi sistem monitoring jaringan komputer yang dapat mengetahui sumber masalah jaringan dengan segera dapat dibantu dengan penggunaan aplikasi The Dude dan Telegram.


Full Text:

PDF

References


Elhaq, M. K., Solehudin, A., & Juardi, D. (2021). Penerapan The Dude Sebagai Sistem Monitoring Dengan Notifikasi Otomatis Melalui Email, Telegram dan SMS. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 6.

Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget Dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. 1(8).

Ghoreishi, S. S. (2022). Innovative Monitoring Systems and New Protocols for Wireless Networks and Wireless Sensor Networks. In POLITECNICO DI TORINO.

Huda, M. (2019). Teknologi Komputer. bisakimia.

Jalil, M., Salim, Y., & Fattah, F. (2020). Simulasi Jaringan Lokal Menggunakan Sistem Kerja The Dude. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 1(1), 6–10.

Manggau, F. X., Latif, A., & Suwarjono. (2020). E-Monitoring Microtic Network uses the Dude in Musamus University. Journal of Physics: Conference Series, 1569(2).

Mikrotik. (2023). The Dude. https://Mikrotik.Com/The Dude.

Nalendra, A. K. (2020). Manajemen Jaringan Komputer (A. Widigyo, Ed.). Pustaka Akademi Komunitas Indonesia.

Panjaitan, F., & Syafari, R. (2019). Pemanfaatan Notifikasi Telegram Untuk Monitoring Jaringan. Jurnal SIMETRIS, 10(2), 725–732.

Patta, A. R., & Muzammil, K. Al. (2019). Network Monitoring Using Telegram Notifications Faculty of Engineering - Makassar State University. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM, 4(14), 948–954.

Rinaldo, R. (2016). Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik Router OS di Universitas Islam Batik Surakarta. Jurnal Teknik Elektro, 16(02).

Sutarti, S., & Alfiyansyah, A. (2017). Analisis dan Implementasi Sistem Monitoring Koneksi Internet Menggunakan The Dude Di STIKOM Al Khairiyah. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 4, 39–45.

Syahfitra, R. (2016). Rancang Bangun Serta Memonitoring Server Menggunakan Aplikasi The Dude Dengan Notifikasi Bot Telegram di Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi. JuPerSaTek (Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, Dan Komputer), 3(2), 634–639.

Wibowo, A. P., & Rismayadi, A. A. (2023). Implementasi The Dude Pada Sistem Jaringan Backbone PT. TIS Terintegrasi Dengan Telegram. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 6(1), 10–18.

Widioatmodjo, S. (2016). New Business Model in Digital Age. PT Elex Media Komputindo.

Widodo, A. (2015). Implementasi Monitoring Jaringan Komputer Menggunakan Dude. Jurnal Teknologi Informasi, 11(1), 1–10.

Zen, B. P., Gultom, R. A. G., & Reksoprodjo, A. H. S. (2020). Analisis Security Assessment Menggunakan Metode Penetration Testing Dalam Menjaga Kapabilitas Keamanan Teknologi Informasi Pertahanan Negara. Jurnal Teknologi Penginderaan, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ