Group Size sebagai Alternatif untuk Memaksimalkan Keaktifan Mahasiswa Saat Praktik di Laboratorium

Maskur Effendi, Farika Nikmah, Winda Rachmawati

Abstract


Mahasiswa dalam melaksanakan praktik di laboratorium/bengkel membentuk kelompok dengan jumlah anggota yang bisa berbeda antar kelompok. Adanya perbedaan jumlah anggota kelompok tersebut bisa menyebabkan efektifitas kerja tiap mahasiswa dalam kelompok bisa berbeda. Adanya perbedaan jumlah anggota kelompok juga akan menyebabkan durasi waktu dalam menyelesaikan praktik menjadi berbeda antar kelompok. Dengan pembagian jumlah anggota kelompok yang tepat diharapkan mahasiswa dapat aktif secara maksimal dalam kegiatan praktik, dan durasi waktu untuk menyelesaikan praktik bisa lebih cepat. Penelitian ini akan mengukur kinerja kelompok dengan jumlah anggota yang berbeda, antara 4 – 6 orang mahasiswa per kelompok. Setiap kelompok diminta untuk menyelesaikan praktik dan mencatat durasi waktu yang diperlukan. Model analisis komparatif Anova dengan sampel independen digunakan untuk membandingkan 3 (tiga) kelompok praktik dengan jumlah anggota yang berbeda terhadap durasi waktu dalam menyelesaikan praktik. Hasil analisis akan memberikan masukan apakah 3 (tiga) jenis kelompok dengan anggota yang berbeda akan berpengaruh signifikan terhadap durasi waktu kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada durasi waktu praktik dengan 4, 5 dan 6 anggota kelompok di 4 laboratorium dan 1 bengkel. Sedangkan di bengkel batu & beton dan konstruksi baja ada perbedaan signifikan pada durasi waktu praktik antara kelompok dengan 4 dan 6 anggota. Akhirnya, Jumlah anggota kelompok yang disarankan adalah 4 orang pada semua lab/bengkel untuk memaksimalkan keaktifan mahasiswa. Anggota kelompok 6 orang digunakan untuk memperpendek durasi praktik di bengkel batu & beton sebesar 18,97 menit dan bengkel konstruksi baja sebesar 38,61 menit.


Full Text:

PDF

References


Belanger, J. R. (2016). Learning in the Laboratory: How Group Assignments Affect Motivation and Performance. Journal of Education and Learning, 210-218.

Chang, Y., & Brickman, P. (2018). When Group Work Doesn’t Work: Insights from Students. Life Science Education, 17(2).

Correge, J.-B., & Michinov, N. (2021). Group Size and Peer Learning: Peer Discussions in Different Group Size Influence Learning in a Biology Exercise Performed on a Tablet With Stylus. Sec. Educational Psychology, 1-13.

Hoever, I. J., Daan, V., & Wendi P, V. (2012). Fostering team creativity: Perspective taking as key to unlocking diversity's potential. Journal of Applied Psychology, 982-996.

Husain, R. (2020). PEnerapan Model Kolaboratif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar (pp. 12-22). Gorontalo: Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Leopold, H., & Smith, A. (2019). Implementing Reflective Group Work Activities in a Large Chemistry Lab to Support Collaborative Learning. Education Sciences, 1-19.

Mueller, J. (2012). Why individuals in larger teams perform worse. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 111-124.

Paediatr, S. J. (2014). Health care professional development: Working as a team to improve patient care. Sudane Journal of Paediatrics, 9-16.

Praktikno. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Intensitas Belajar Kelompok terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Cahyana Kecamatan Rembang Purbalingga tahun Pelajaran 2011/ 2012. Yogyakarta: UNY.

Wheelan, S. (2009). Group size, group development, and group productivity. Small Group Research, 247-262.

Wheelan, S. A. (2016). Creating effective teams : a guide for members and leaders. Los Angeles: SAGE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ