Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar

Haffadah Dwi Widad, Linda Astriani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran matematika, peserta didik kesulitan dalam memahami masalah sehingga tidak menulis rumus utama dan salah dalam melakukan perhitungan matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedaung Kec. Sawangan Kota Depok pada tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan True Eksperimen Design. Desain yang digunakan yaitu Posttest Only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah 55 siswa kelas III, 28 siswa pada kelas eksperimen dan 27 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 8 soal. Hasil kemampuan pemecahan masalah matematika yang menerapkan PMRI meliputi 4 indikator dengan persentase Understanding 80.4%, Planning 80%, Solving 88.2%, Checking 91.07% dan rata-rata nilai kelas eksperimen 84,91 dengan persentase 84,91% sedangkan hasil pada kelas yang tidak menerapkan PMRI diperoleh yaitu Understanding 60.65% Planning 58.33% Solving 63.02% dan Checking 64.58% dan rata-rata nilai kontrol 61,66 dengan persentase 61.66%. Kesimpulan dalam penelitian ini kelas yang menggunakan penerapan pembelajaran PMRI lebih tinggi daripada kelas tanpa menggunakan penerapan pembelajaran PMRI (thitung = 5.450 > ttabel = 1.325).


Full Text:

PDF

References


Al Jaberi, Nihil. M. (2015). “University Student Level Matakognitive Thin gking And Their Ability To Solve Problems”,.American International Journal Of Contemporary Research, 5 (3). 162-175

Hesti Noviyana dan Dewi Ftriani, “Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik Kelas VII SMP”. Jurnal Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (UIN Raden Intan Lampung, 2017), h. 388.

Hulukati, E.(2014). Matematika Realistik. Deepublish

Komalig, R.N., Yesi Gusmania, & Asmaul Husna. (2019). Efektivitas pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas X SMKIT Darussalam Boarding School. Phytagoras, 8(1), 23-31.

Masrurotullaily, dkk. 2013.“Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember”. Kadikma, 4(2)

Mawaddah, & anisah. 2015. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP”. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2)

Nurkaeti,N. 2018. “Polya Strategy : An Analysis of Mathematical Problem Solving Difficuly in 5th Grade Elementary School”. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.10 No.2 Juli 2018. Hal 140-147

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

______. 2018. Metode Penelitian. Bandung: Alfabet.

Widjaja,Y.B.,&Heck,A.(2016).“How Reaslistics education Approach and Microcomputer-Based Laboratory Worked in Lessons on Graphing at an Indonesian Junior High School,.” Journal of Siences and Education in Southeast Asia, Amstel Institute University Amsterdam, 26 (2), 1-51

Widyasari, Nurbaiti and Astriani, Linda and Rosiyanti, Hastri and muthmainah, rahmita (2021) Modul Matematika Dasar Berbasis Case Method. In: Modul Matematika Dasar Berbasis Case Method. UM Jakarta Press, Tangerang Selatan, pp. 1-214. ISBN 978-623-5523-11-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ