ANALISIS MATERI AL-QUR’AN HADIS DALAM KMA NOMOR 183 TAHUN 2019

Siti Rohmah, Diah Mutiara, Oneng Nurul Bariyah, Khasnah Syaidah, Sanusi Uwais, Nur Aini Nur Aini, Olivia Damayanti, Irwana Irwana

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis materi Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah pada KMA Nomor 183 tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan metode kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ada primer dan sekunder. Sumber primer adalah KMA Nomor 183 tahun 2019 Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Madrasah Aliyah. Sumber data sekunder adalah sumber pendukung dan pelengkap yang diperoleh dari buku, jurnal, dan berbagai sumber lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran referensi pustaka (library research). Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi Al-Qur'an Hadis Madrasah Aliyah dibedakan menjadi dua bagian yaitu pertama, Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Peminatan IPA, IPS, dan Bahasa ada 30 materi. Kedua, Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Peminatan Keagamaan ada 23 materi.


Full Text:

PDF

References


Muhammad Mahbub. (2021). Analisa Materi Qur’an Hadits Madrasah Aliyah dengan Pendekatan Interdisipliner. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 19 No. 1. ISSN: 2088-3048 E-ISSN: 2580-9229.

Siti Rohmah dkk. (2021). Analisis Hadis pendidikan dalam KMA nomor 183 tahun 2019 pada mata pelajaran Alqur’an Hadis di Madrasah Aliyah. Jurnal Emanasi, Jurnal ilmu keislaman dan sosial. Vol.4 No.2. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/48

Tatik Fitriyani & Iman Saifullah. (2020). Analisis kurikulum mata Pelajaran AlQuran Hadis Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan UNIGA. Vol. 14 No. 02. ISSN: 1907-932x E-ISSN: 2579-9274.

Oneng Nurul Bariyah dkk. (2022). Spirit Al-Ma’un dalam Kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. E-ISSN:2745-6080. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14287

Muhammad Ghozil Aulia & Muhammad Aufal Minan. (2021). Analisis Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah (Studi kasus di MAN 1 Bantul). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 6. ISSN: 2656-8071 E-ISSN: 2656-8063.

Departemen Agama RI. (2019). Alqur'an dan Terjemahnya.

KMA nomor 183. (2019). Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.

Maktabah Syamilah Digital

Moleong, L.J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 22. (2016).

Siti Rohmah dkk. (2023). Ayat-ayat dan Hadis Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ