ANALISIS MATERI AL-QUR’AN HADIS DALAM KMA NOMOR 183 TAHUN 2019

Authors

  • Siti Rohmah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Diah Mutiara Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Oneng Nurul Bariyah Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khasnah Syaidah Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut PTIQ Jakarta
  • Sanusi Uwais Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nur Aini Nur Aini Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Olivia Damayanti Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Irwana Irwana Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis materi Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah pada KMA Nomor 183 tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan metode kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ada primer dan sekunder. Sumber primer adalah KMA Nomor 183 tahun 2019 Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Madrasah Aliyah. Sumber data sekunder adalah sumber pendukung dan pelengkap yang diperoleh dari buku, jurnal, dan berbagai sumber lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran referensi pustaka (library research). Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi Al-Qur'an Hadis Madrasah Aliyah dibedakan menjadi dua bagian yaitu pertama, Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Peminatan IPA, IPS, dan Bahasa ada 30 materi. Kedua, Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Peminatan Keagamaan ada 23 materi.

Author Biographies

Siti Rohmah, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Diah Mutiara, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Oneng Nurul Bariyah, Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Khasnah Syaidah, Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut PTIQ Jakarta

Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut PTIQ Jakarta

Sanusi Uwais, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nur Aini Nur Aini, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Olivia Damayanti, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Irwana Irwana, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Muhammad Mahbub. (2021). Analisa Materi Qur’an Hadits Madrasah Aliyah dengan Pendekatan Interdisipliner. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 19 No. 1. ISSN: 2088-3048 E-ISSN: 2580-9229.

Siti Rohmah dkk. (2021). Analisis Hadis pendidikan dalam KMA nomor 183 tahun 2019 pada mata pelajaran Alqur’an Hadis di Madrasah Aliyah. Jurnal Emanasi, Jurnal ilmu keislaman dan sosial. Vol.4 No.2. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/48

Tatik Fitriyani & Iman Saifullah. (2020). Analisis kurikulum mata Pelajaran AlQuran Hadis Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan UNIGA. Vol. 14 No. 02. ISSN: 1907-932x E-ISSN: 2579-9274.

Oneng Nurul Bariyah dkk. (2022). Spirit Al-Ma’un dalam Kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. E-ISSN:2745-6080. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14287

Muhammad Ghozil Aulia & Muhammad Aufal Minan. (2021). Analisis Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah (Studi kasus di MAN 1 Bantul). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 6. ISSN: 2656-8071 E-ISSN: 2656-8063.

Departemen Agama RI. (2019). Alqur'an dan Terjemahnya.

KMA nomor 183. (2019). Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.

Maktabah Syamilah Digital

Moleong, L.J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 22. (2016).

Siti Rohmah dkk. (2023). Ayat-ayat dan Hadis Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-26