Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI

Ririn Widiyasari, Arlin Astriyani, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan kearifan lokal masih jarang dilakukan dikarenakan mata pelajaran matematika yang bersifat abstrak sehingga penggunaannya cukup terbatas, oleh karena itu peneliti akan mendesain sebuah bahan ajar berupa modul yaitu modul pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal Betawi dengan menggunakan pendekatan PMRI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal dengan pendekatan PMRI yang layak digunakan. Materi matematika dipilih bangun ruang kelas VIII. Pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4-D milik Thiagarajan. Adapun langkah pengembangannya yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dessiminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa skala Likert untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah media berupa modul pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal Betawi dengan pendekatan PMRI yang layak digunakan. Setelah bahan ajar berupa modul pembelajaran Lingkaran berbasis kearifan lokal selesai dibuat, selanjutnya divalidasi oleh 2 validator ahli. Didapatkan hasil validasi perangkat dengan skor modul sebesar 3,8 dengan kategori sangat valid.


Full Text:

PDF

References


Dahlan, J. A., & Permatasi, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, eISSN 2549-4937.

Efuansyah and Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII. Jurnal Derivat, vol. 5, no. 2, pp. 28–41.

Farhatin, N., Pujiastuti, H., and Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1. , 33-45.

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37–47.

Idris, I., and Kristina, S.D. (2016). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita pada Kelas VII A SMP UTY.

Nurmita F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Siswa dan Buku Guru Berbasis Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Matematika Siswa Kelas VII SMP Al Karim Kota Bengkulu.

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962

Putri, R.I.I, Somakim, dan, Negara, S.J., (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. 9(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa.

Qadri, L., Ikhsan, M., & Yusrizal, Y. (2019). Mathematical Creative Thinking Ability for Students Through REACT Strategies. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 58. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i1.1483.

Rakhmawati, I.A. and Alifia, N.N. (2018). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika sebagai Penguat Karakter Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 18–196. [Online]. http://jurnal.uns.ac.id/jpm.

R. Widiyasari, A. Astriyani, and K. Vianka Irawan. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Media Evaluasi ThatQuiz. Jurnal FIBONACCI, vol. 6, no. 2, pp. 141–154. doi: 10.24853/fbc.6.2.141-154.

Salvifah, M. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara Menggunakan Strategi React Pada Siswa SMP. JIMEDU, vol. 1, pp. 1–13, 2021.

Suastra, I.W., Jatmiko, B., Ristiati, N.P., and Yasmini, L.P.B (2017). Developing Characters Based on Local Wisdom of Bali in Teaching Physics in Senior High School,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 6, no. 2, pp. 306–312. doi: 10.15294/jpii.v6i2.10681.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ