KEBERLANJUTAN DAN KETAHANAN SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA MELALUI MANAJEMEN STRATEGIK

Authors

  • Diah Mutiara Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siti Rohmah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Abd Basit Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Milana Abdillah Subarkah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Puji Hastuti Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Sampai saat ini SMA Muhammadiyah Jakarta menjadi salah satu Sekolah Rujukan Nasional, menjadi sekolah favorit di Jakarta dengan peminatan yang tinggi dan mempunyai banyak siswa yang berprestasi serta lulusan yang unggul. Hal ini disebakan karena SMA Muhammadiyah 3 Jakarta memiliki keberlanjutan dan ketahanan sekolah yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberlanjutan dan ketahanan SMA Muhammadiyah 3 Jakarta melalui langkah-langkah manajemen strategik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Sumber data penelitian adalah data primer dan sekunder. Sumber primer adalah hasil wawancara dengan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jakarta sebagai top manager yang melakukan dan menentukan manajemen strategik yang dilakukan. Data sekunder merupakan sumber pendukung dan pelengkap data primer, seperti buku, jurnal, yang berkaitan dengan manajemen strategik, keberlanjutan dan ketahanan sekolah, dan berbagai sumber lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik analisis data terdiri dari empat alur kegiatan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi atau menyimpulkan data. Hasil Penelitian ini adalah langkah-langkah dalam manajemen strategik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jakarta adalah 1) melakukan analisis lingkungan, 2) melakukan formulasi strategi, 3) melakukan implementasi strategi dan 4) melakukan evaluasi dan control sehingga dapat menentukan keputusan-keputusan strategis antar fungsi- fungsi yang memungkinkan SMA Muhammadiyah 3 Jakarta sebagai sekolah yang memiliki keberlanjutan dan ketahanan yang baik.

Author Biographies

Diah Mutiara, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Siti Rohmah, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abd Basit, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Milana Abdillah Subarkah, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Puji Hastuti, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Abdul Kholik (2020), Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sekolah Alam Berbasis Model Resource-Based View. Jurnal Tadbir Muwahhid, Unida

Adiyatma Natawiguna (2021), Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Santri Di Pondok Pesantren Darunnajah 8 Cidokom

Ahmad Djauhari (2020), Development of AIK-Based Character Education Model Using The Shibghah (Dyeing) Method at the Muhammadiyah University of Jakarta (UMJ), American Research Journal of Humanities & Social Science (ARJHSS)

Bastari Adam (2020), Peranan Manajemen Strategi Dan Manajemen Operasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Tahdzibi, UMJ

Diah Mutiara (2020), Strategic Management in Achieving Service Standards At The Center For Community Learning Activities (PKBM)

Dwiningsih (2001), Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: PT Grasindo

Engkoswara dan Aan Komariah (2010), Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2020)

Muhammad Abdul Jawad (2004), Menjadi Manajer Sukses. Jakarta: Gema Insani

Moleong, L.J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2016). Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tentang Qaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Zainal Arifin (2020). Tafsir Ayat-ayat Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-10-26